Singaraja (Antara Bali) - Akademisi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali, Prof Dr I Wayan Lasmawan MPd mengajak generasi muda di daerah itu memilih pemimpin daerah yang peduli pada sektor pendidikan guna meningkatkan daya saing menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Kami harap kalangan muda dan masyarakat pada umumnya peduli dengan daerahnya dengan cara memilih pemimpin yang memang serius menjalankan pembangunan, fokus membenahi bidang pendidikan," kata I Wayan Lasmawan di Singaraja, Selasa.

Ia berpendapat, pengembangan sektor pendidikan di Pulau Dewata, khususnya di beberapa daerah/kabupaten selama ini hanya pada permukaan saja.

"Dalam hal ini, belum ada keseriusan dari para pemimpin daerah mengembangkan sektor pendidikan menuju arah yang lebih baik," imbuhnya.

Lasmawan yang juga pembantu rektor II Undiksha itu mencontohkan rendahnya intensitas kerja sama antara pemerintah daerah di Pulau Dewata dengan kalangan akademisi di beberapa perguruan tinggi besar di Bali dalam hal pembangunan.

"Kami bisa menghitung hanya beberapa saja yang menjalin kerja sama dengan Undiksha misalnya dalam hal peningkatan sumber daya manusia di daerah, padahal banyak orang orang hebat di perguruan tinggi, ahli dalam berbagai bidang keilmuan," paparnya.

Dikatakan, kerja sama dapat dijalin dengan perguruan tinggi seperti peningkatkan kualifikasi pendidikan staf pemda, diklat keterampilan, peningkatan kompetensi dan lain lain.

Selain itu, dalam bidang keahlian, kami misalnya memiliki tenaga ahli kualifikasi doktor dan profesor berbagai bidang, ahli hukum, ahli ekonomi, pakar politik dan masih banyak lagi," kata dia.

Oleh karena itu, kata dia, generasi muda sebagai agen perubahan dan juga pemilik suara paling besar dimana data menunjukkan sekitar 40 persen lebih para pemilih yang ada adalah kalangan usia produktif, harus memilih pemimpin yang benar benar memiliki visi jelas membangun pendidikan.

"Bukah hanya itu saja, kami berharap pemilih muda dan pemula menggunakan hal politiknya dengan baik, dengan memilih calon yang memiliki jejak karir yang baik dan serius membangun pendidikan. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015