Gianyar (Antara Bali)- Untuk menjamin agar pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Lingkungan Pemkab Gianyar dapat mencapai sasaran dan sekaligus sebagai pedoman untuk melaksanakan Reformasi Birokrasi, Pemkab Gianyar melalui Bagian Organisai dan Tata Laksana (Ortal), Setda Kab. Gianyar melaksanakan rapat kordinasi penyusunan rencana aksi Road Map Reformasi Birokrasi Kabupaten Gianyar Tahun 2014 – 2018 di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar,  Selasa (1/12)

Kepala Bagian Ortal, Made Rai Ridartha mengatakan, rapat kordinasi ini dilaksanakan dalam rangka penyusunan draf Road Map Reformasi Birokrasi Kabupaten Gianyar Tahun 2014 – 2018 yang finalisasinya pada 2016 nanti.

Terdapat delapan area perubahan dalam penyusunan road map reformasi birokrasi ini, yakni penataan organisasi, penataan ketatalaksana, penataan sistem manajemen, penataan strategi pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, peningkatan pelayanan publik, penataan peraturan perundang – udangan, serta manajemen perubahan.

“Rapat kordinasi ini juga untuk memberikan pemahaman kepada instansi terkait dalam pengisian formulir penyusuan Road Map,” kata Rai Ridartha.

Dalam penyusunan rencana aksi road map reformasi birokrasi, Pemkab Gianyar juga telah membentuk tim yang terbagi menjadi dua, yakni Tim Pengarah serta Tim Pelaksana.

Dalam hal ini, Tim Pengarah bertugas betugas menetapkan acuan daerah tata kelola pemerintahan yang baik sebagai landasan pelaksanaanmenetapkan kebijakan strategi dan standar – standar bagi pelaksanaan, mengambil langkah – langkah yang diperlukan untuk menegakkan kepatuhan atas standar – standar bagi pelaksanaan program serta menetapkan program – program unggulan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi.

 Sementara Tim Pelaksana  bertugas menyusun rancangan grand design dan road map reformasi birokrasi merumuskan kebijakan dan strategi operasional reformasi birokrasi, melakukan komunikasi secara berkala dengan para pemangku kepentingan (stakeholders), mengusulkan penetapan pelaksanaan dan keberlanjutan reformasi birokrasi kepada tim pengarahserta melaporkan secara berkala kemajuan pelaksanaan reformasi kepada tim pengarah.

Disamping itu, juga dibentuk tim kecil yang terdiri dari 20 orang yang bertugas untuk menyiapkan penyusunan road map reformasi birokrasi, mengolah hasil diskusi kelompok, serta menetapkan fokus perubahan reformasi birokrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gianyar.

“Masing – masing stakeholders nantinya akan mengisi formulir rencana aksi road map reformasi Birokrasi tentang program dan kegiatan sesuai dengan 8 area perubahan tersebut. Termasuk di dalamnya indicator dan target, tahun pelaksanaan, hasil yang diharapkan, penanggung jawab serta anggaran,” tambah Rai Ridartha. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Putu Artayasa

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015