Singaraja (Antara Bali) - Wakil Bupati Buleleng, Bali, I Nyoman Sutjidra mengatakan program keluarga berencana (KB) sangat mendukung program pemerintah daerah setempat dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga serta peningkatan kualitas manusia di daerah itu.

"Hal itu bisa diukur melalui indeks pembangunan manusia (IPM) secara variabel, dimana KB berperan signifikan," kata I Nyoman Sutjidra di Singaraja, Selasa.

Ia menjelaskan, salah satu hal yang mendukung adalah program HKG PKK-KB kesehatan yang diperingati setiap tahunnya mempunyai arti dan peranan yang sangat besar dalam meningkatkan derajat kesehatan dan kesejateraan keluarga.

"Banyak yang telah dicapai dalam meningkatkan program KB dan kesehatan di Buleleng, Namun kita pun menyadari bahwa masih ada keluarga yang masih rendah tingkat kesehatan dan kesejateraannya serta masih rendahnya keikutsertaan ber-KB," ujarnya.

Selain itu, pihaknya berharap makin banyak kalangan keluarga di Bali Utara ikut serta dalam program KB tersebut sehingga dapat mendukung kesejahteraan masyarakat secara umum.

Sementara, Wakil Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Buleleng, Ny Wardhani Sutjidra mengungkapkan momen Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan.

Dikatakan, program itu merupakan salah satu wadah terbentuknya sinergitas program dan kegiatan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga antara PKK dengan pemerintah dalam mewujudkan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat.

"Kegiatan tersebut akan bertumpu pada kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan insitusi KB di kelurahan dengan kader-kadernya sebagai ujung tombak dan keluarga sebagai sasaran utamanya," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015