Gianyar (Antara Bali) -  Kabupaten  Gianyar  pada pengujung tahun 2015 memperoleh kado istimewa, menyusul  raihan penghargaan sebagai Kabupaten Sehat (Swasti Saba) tahun 2015 dari pemerintah pusat.

 Penghargaan diserahkan Menteri Kesehatan RI, Nila Djuwita F. Moeloek  pada malam penganugerahan di Hotel Bidakara Jakarta,  Jumat  (27/11).

Penghargaan  dengan kategori Swasti Saba Wiwerda (Pembinaan) tersebut diberikan, karena Gianyar dinilai mampu memenuhi  empat tatanan penilaian, yakni kehidupan masyarakat sehat mandiri, pemukiman sarana dan prasarana sehat, tatanan pariwisata sehat, serta kawasan industri dan perkantoran sehat.

Gianyar menerima penghargaan bersama 137 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Sementara dari propinsi Bali hanya tiga kabupaten/kota yang meraih penghargaan yakni Gianyar, Denpasar dan Badung.

Predikat sebagai Kabupaten Sehat juga pernah diraih Gianyar tahun 2007 , 2011 dan 2013 untuk katagori Swasti Saba Padapa (pemantapan). Sementara penilaian Kabupaten /Kota Sehat dilaksanakan  dua tahun sekali.

Kadis Kesehatan  Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Cahyani usai menerima penghargaan mengatakan, penghargaan  ini tidak semata keberhasilan pemerintah, tetapi hasil kerja keras dan partisipasi masyarakat dalam membangun kehidupan masyarakat yang bersih dan sehat. Melaksanakan koordinasi lintas program dan lintas sektor (SKPD), serta adanya dukungan dari Forum Kabupaten Sehat, kecamatan dan Pokja kesehatan di masing-masing desa dengan sistem total manajemen.

Dikatakan, sektor kesehatan menjadi program prioritas Pemkab Gianyar, salah satunya penguatan puskesmas sehingga kualitas pelayanan dapat ditingkatkan. Selain itu, Pemkab Giayar juga terus mendorong pembenahan rumah sakit mulai dari manajemen hingga fasilitas sarana dan prasarana serta terus melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat dalam upaya melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

''Ke depan Pemkab Gianyar terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat agar kesejahteraan masyarakat dapat terwujud ,” tegas Ida Ayu Cahyani didampingi Ketua Forum Kabupaten Gianyar Sehat,  Anak Agung Gde Gria.

Sementara Menteri Kesehatan RI, Nila Djuwita F Moeloek memberi apresiasi kepada pemerintah kabupaten/ kota yang meraih penghargaan.  Pihaknya berpesan agar penataan kawasan dan permukiman kesehatan ditingkatkan, baik di perkotaan maupun kabupaten.

”Harapan kami, penghargaan yang juga serangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51 ini menjadi motivasi daerah lain untuk  memperoleh prestasi di bidang kesehatan,” kata Nila. Hal ini karena pembangunan kesehatan adalah bagian integral dari pembangunan nasional yang dilaksanakan secara berkesinambungan. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Putu Artayasa

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015