Tabanan (Antara Bali) - Sebanyak 86 regu ikut ambil bagian dalam lomba gerak jalan siswa SMP dan SMA dalam memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 perang Puputan Margarana yang jatuh pada 20 November mendatang.

Penjabat Bupati Tabanan I Wayan Sugiada melepas lomba gerak jalan tersebut di halaman Taman Makan Pujaan Bangsa Margarana, Tabanan, Rabu.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tabanan I Putu Santika melaporkan, kegiatan gerak jalan siswa merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun.

"Kegiatan itu merupakan wadah untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang mendahului kita untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia," ujar I Putu Santika.

Peserta gerak jalan sebanyak 86 regu yang terdiri dari 54 regu tingkat SMP dan 32 regu tingkat SMA. Peserta lomba gerak jalan siswa terdiri dari 86 regu. Tingkat SMP Putra sebanyak 24 regu, dan putri 30 dengan total 54 regu.

Sementara tingkat SMA sebanyak 32 regu, yang terdiri dari putra 16 regu dan putri 16 regu.

Ia mengharapkan kegiatan itu dapat mewujudkan generasi muda yang sehat baik jasmani maupun rohani, sekaligus wadah untuk mengenang kembali jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan melalui perang Puputan Margarana.

"Kami harap sosok pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan melalui perang Puputan Margarana, bisa menjadi inspirasi bagi gemerasi muda kita dalam mengisi pembangunan," imbuhnya.

Penjabat Bupati Tabanan I Wayan Sugiada mengharapkan melalui gerak jalan siswa dapat menumbuhkan generasi muda yang sehat sehingga mampu untuk berpartisipasi dalam generasi bangsa.

"Generasi muda merupakan pewaris nilai-nilai luhur bangsa, serta penerus cita-cita perjuangan bangsa. Untuk dapat mewujudkan generasi muda yang sehat jasmani dan rohani yang nantinya dapat mewujudkan budaya `Ayo Kerja` dan salah satunya melalui gerak jalan ini," ujarnya.

Ia berpesan kepada para siswa untuk dapat meraih kesuksesan diperlukan kesungguhan serta sikap disiplin yang tinggi. "Rasa pengabdian dan kesungguhan serta disiplin yang tinggi merupakan modal terbesar untuk meraih kesuksesan," tegasnya.

Para peserta gerak jalan nantinya akan melewati beberapa rute hingga akhirnya tiba di finish yang telah ditentukan. Untuk finish peserta putri bertempat di lapangan Dangin Carik, Tabanan sementara untuk putra bertempat di TMP Pancakatirta, Tabanan dengan menempuh jarak sekitar 18 kilometer. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015