Tabanan (Antara Bali) - Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Tabanan, Bali menggelar lomba membuat syair lagu dan poster tentang kanker bagi siswa siswi tingkat SD, SMP dan SMA, sebagai upaya menanamkan pemahaman tentang pola hidup sehat menghindari kanker.

Penjabat Bupati Tabanan I Wayan Sugiada didampingi Wakil direktur Pelayanan dan Pengendalian Mutu Rumah Sakit Tabanan dr.Ni Luh Gede Sukardiasih membuka kegiatan tersebut, Kamis.

Kegiatan lomba tersebut melibatkan 60 peserta mewakili dari jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA di wilayah Kabupaten Tabanan untuk memperebutkan juara I, II dan III.

Tim juri melakukan penilaian dan para juara berhak mendapatkan piagam penghargaan serta uang sebesar Rp700.000, untuk juara I, juara II Rp500.000 dan juara III Rp400.000.

Ketua YKI Cabang Tabanan Ny. Putriasih Sugiada mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan tersebut sesuai dengan program kerja YKI Cabang Tabanan tahun 2015.

Kegiatan itu tujuannya memberikan gambaran untuk dapat mengubah perilaku yang berisiko terjadinya kanker, sehingga pada akhirnya pengenalan kanker dapat dilakukan sedini mungkin melalui lagu dan poster.

Selain itu juga bertujuan untuk pengembangan program yang terintegrasi dengan kurikulum dan program usaha kesehatan sekolah (UKS) mulai dari sekolah dasar, SMP dan SMA.

"Mari sebar luaskan pada lingkungan Sekolah dan timbulkan kesadaran untuk melakukan deteksi dini dan berperilaku hidup sehat menghindari kanker," jelas Ny. Putriasih Sugida.

Lomba itu merupakan kegiatan yang sangat menarik untuk mengenalkan kanker sedini mungkin kepada para siswa SD, SMP, dan SMA melalui lomba membuat syair lagu dan poster tentang kanker.

Ia mengharapkan melalui kegiatan itu para siswa akan lebih mudah mengingatnya melalui lagu,

Penjabat Bupati Tabanan Wayan Sugiada menilai, lomba membuat syair lagu dan poster tentang kanker sangat membantu pemerintah kabupaten dalam upaya penurunan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit kanker.

Untuk itu Pemkab Tabanan sangat mendukung kegiatan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dengan setiap tahunnya memberikan bantuan dana.

"Untuk mewujudkan Tabanan Sejahtera, Aman dan Berprestasi (Serasi), kepada ketua YKI Cabang Tabanan beserta seluruh jajarannya agar terus berbuat dengan mengupayakan masyarakat peduli kanker. Saya percaya YKI cabang Tabanan akan mampu mewujudkan masyarakat Tabanan yang Sehat," Harap penjabat Sugiada. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015