Denpasar (Antara Bali) - Kegiatan Nusa Dua Fiesta (NDF) Ke-19 akan menampilkan berbagai pementasan dan pameran dalam upaya mempromosikan pariwisata Pulau Bali, yang diselenggarakan selama lima hari, 9-13 Oktober 2015.

"Tujuan diselenggarakan ajang Nusa Dua Fiesta (NDF), antara lain untuk mempromosikan kawasan pariwisata sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara serta promosikan kekayaan budaya Indonesia yang beranekaragam melalui pertunjukan seni dan budaya," kata Ketua Umum NDF, Ida Bagus Abdi di Nusa Dua, Bali, Senin.

Ia mengatakan NDF tersebut juga diisi pameran seni budaya dan kerajinan yang akan digelar oleh provinsi-provinsi di Indonesia, disamping itu manfaat lain yang diberikan adalah memberi kesempatan bagi para seniman untuk terus berkreasi mengembangkan bentuk-bentuk kesenian baru yang dapat dinikmati oleh para wisatawan namun masih berakar pada budaya Indonesia.

"Selain itu NDF bertujuan untuk melestarikan lingkungan yang dalam hal ini diwujudkan dengan kegiatan `beach clean up` di sekitar pantai kawasan Nusa Dua," katanya.

Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah pengunjung lokal maupun asing. Tahun lalu jumlah pengunjung lokal sebanyak 46.077 orang, sedangkan pengunjung asing sebanyak 4.741 orang.

"Kami berharap pengunjung NDF ada peningkatan, baik pengunjung lokal maupun asing dan kami pun akan memberikan `repeater guest award` sebagai wujud apresiasi kami kepada pengunjung setia di kawasan pariwisata Nusa Dua," ujarnya.

Dikatakan, kali ini ajang NDF akan tampil beda dari kegiatan sebelumnya. Akan lebih menonjolkan selebrasi musik dengan menampilkan musisi-musisi ternama dari tingkat nasional maupun internasional menampilkan dengan lagu-lagu "ber-genre classic rock". Untuk "genre blues" akan dimeriahkan dengan Sun Down Blues on Stage Battle.

Sesi ini akan menampinan talenta-talenta musisi blues yang kemudian akan dipilih band pemenang untuk dapat tampil pada ajang "International Bali Blues Festival 2016". Pada ajang NDF juga menghadirkan musisi top asal Bali, yaitu Balawan yang memiliki reputasi tingkat nasional maupun internasional. Selain itu juga menampilkan DJ Kesha asal Inggris yang masuk dalam top 100 DJ di dunia. Untuk Genre Reggae, akan menampilkan Afro Moses musisi top asal Australia serta musisi reggae ternama tanah air, Steven Jams.

Tidak ketinggalan akan turut memeriahkan "music celebration" adalah penampilan spesial dari band Crazy Horse, band Navicula, dan musisi ternama Judika yang akan membawakan lagu-lagu hit classic rock.

Untuk kegiatan "cultural show" akan ditampilkan parade budaya oleh hotel-hotel di kawasan Nusa Dua dengan mengusung tema "Love, Peace, and Harmony". Disamping itu juga akan ditampilkan Patayana oleh Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari) Bali, oratorium Kebo Iwa, Tari Krisna-Arjuna, serta tari kontemporer kolosal dengan tema "Mentari Pulau Dewata" yang digarap oleh seniman-seniman terbaik di Bali.

Ida Bagus Abdi lebih lanjut mengatakan untuk menggalakkan "sport tourism" sebagai salah satu daya tarik wisatawan untuk datang ke Bali, maka NDF berkolaborasi dengan "starwood" hotel akan menggelar "Charity Run". Acara yang diadakan starwood hotel merupakan salah satu chain hotel terbaik di dunia digelar 11 Oktober dengan mengusung nama "Run to Give 2015".

Pada acara kuliner untuk tahun ini kembali menghadirkan Indonesian Chef Association (ICA) Bali akan menyelenggarakan kegiatan yang diisi oleh kegiatan kompetisi memasak dengan mengusung konsep cita rasa khas Bali. Akan diselenggarakan juga beberapa kompetisi kuliner, seperti "fruit carving, live cooking competition". (APP)

Pewarta: Pewarta : I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015