Tabanan (Antara Bali) - Penjabat Bupati Tabanan I Wayan Sugiada mendukung sepenuhnya program Pemerintah Provinsi Bali untuk mewujudkan Pulau Dewata yang bersih dan hijau (Bali Clean and Green).

"Upaya tersebut sekaligus menanggulangi masalah sampah yang hingga kini belum dapat ditangani secara tuntas," kata Penjabat Bupati Tabanan I Wayan Sugiada ketika membuka sosialiasi kesadaran lingkungan di Gedung Mario, Tabanan, Selasa.

Ia mengharapkan, kesadaran dan komitmen masyarakat dalam mewujudkan Tabanan yang bersih dan hijau.

Oleh sebab itu pengelolaan sampah menjadi tanggung jawab bersama sehingga perlu disebarluaskan dan dijadikan pedoman bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Saya mengapresiasi kegiatan kerja sama sama antara Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Bali Nisra dengan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tabanan. Mudah-mudahan Program Provinsi Bali untuk mewujudkan Bali Clean and Green bisa kita wujudkan," ujarnya.

Ia mengingatkan, terdapat tiga substansi fenomena sampah saat ini, yakni jenis dan klasifikasi sampah, perilaku masyarakat yang berubah terhadap sampah dan lingkungan yang cenderung tidak peduli, serta tata kelola persampahan yang masih perlu ditanamkan kepada masyarakat.

"Tiga substansi fenomena sampah tersebut hendaknya menjadi perhatian serius semua pihak, sehingga tidak menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan masyarakat," ujar Wayan Sugiada.

Ia berharap agar seluruh lapisan masyarakat meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan dan melakukan pengelolaan lingkungan.

Selain itu mempunyai komitmen dan kerja sama seluruh mayarakat dapat meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan mewujudkan Tabanan yang bersih dan hijau. Semoga kerja sama ini tidak berhenti sampai di sini, namun terus ditingkatkan di tahun-tahun yang akan datang.

Ketua Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Provinsi Bali, Drs. Rijal Uzzanan mengatakan, sosialisasi tersebut merupakan bentuk tindak lanjut dari program Provinsi Bali dalam mewujudkan Bali yang bersih dan hijau.

Kegiatan sosialisasi merupakan salah satu bentuk implementasi dari program Gubernur Bali, Mangku Pastika mewujudkan Bali bersih dan hijau. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015