Jakarta (Antara Bali) - Penetapan Nusa Penida di Bali sebagai kawasan konservasi perairan dikukuhkan melalui rangkaian Festival Nusa Penida 2015.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Jakarta, Selasa, menyatakan dukungannya kepada Pemerintah Kabupaten Klungkung dalam menyelenggarakan Festival Nusa Penida 2015 yang diadakan untuk kedua kalinya.

"Kegiatan promosi pariwisata ini akan berlangsung pada 2 sampai 4 Oktober 2015 di Lembongan, Nusa Penida, Klungkung, Bali," kata Menpar Arief.

Kegiatan tersebut dirangkai dengan penetapan Nusa Penida sebagai kawasan konservasi perairan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Festival Nusa Penida tahun ini sendiri bertemakan bahari dengan slogan "Enjoy The Blue Paradise" yang artinya Nusa Penida sebagai surga biru yang memikat dengan flora, fauna dan taman laut yang menawan dan patut dikunjungi wisatawan.

Menurut Arief, slogan ini sejalan dengan konsep "blue economy" yang mengamanatkan pelestarian alam untuk ekonomi berkelanjutan. "Kami mendukung penyelenggaraan Festival Nusa Penida 2015 sebagai langkah nyata promosi pariwisata daerah. Bali sudah terkenal dengan kekayaan alamnya yang sangat indah. Kawasan Nusa Penida merupakan bagian Bali yang juga memiliki keindahan alam khususnya alam bawah laut yang menakjubkan," kata Arief Yahya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menambahkan persiapan Nusa Penida Festival berjalan dengan baik. "Panitia dan masyarakat setempat sedang bahu-membahu mempersiapkan festival, dengan melakukan latihan menari, menyiapkan panggung dan menyiapkan berbagai perlombaan yang akan diadakan," katanya.

Nusa Penida Festival 2015 secara umum menyuguhkan 3 hal yaitu Nature (alam), Culture (Budaya) dan Adventure (Petualangan) Wisata Nusa Penida. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Hanni Sofia Soepardi

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015