Tabanan (Antara Bali) - Masyarakat Kabupaten Tabanan, Bali, akan menikmati fasilitas transportasi massal Trans Sarbagita yang akan diluncurkan 17 September 2015, melayani rute Pesiapan-Mengwi-Teuku Umar Barat-Bandara Ngurah Rai.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Trans Sarbagita Provinsi Bali Gunawan saat melakukan sosialisasi pelayanan angkutan umum di Kantor Bupati Tabanan, Rabu, mengatakan sejak diluncurkan empat tahun silam, bus Trans Sarbagita belum bisa melewati wilayah Tabanan.

Penyebabnya, kata dia, ruas jalan di Tabanan masih terlalu sempit dan belum bisa dilewat bus Trans Sarbagita yang panjangnya mencapai 12 meter.

"Rencananya dulu kami mengambil rute dari Central Parkir Kuta menuju Tanah Lot, namun ruas jalan yang dilewati belum mendukung. Mudah-mudahan rencana kami untuk meluncurkan bus Trans Sarbagita tanggal 17 september dan mengoperasikan tanggal 18 September mendatang bisa terealisasi," katanya.

Gunawan menambahkan, saat ini tingkat kemacetan di wilayah Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan cukup tinggi terutama saat musim liburan dan hari raya.

Oleh sebab itu masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan sarana angkutan umum untuk mengurangi tingkat kemacetan di jalan raya. "Tujuan pemerintah untuk mengaktifkan kembali sarana angkutan umum di wilayah Sarbagita yakni Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan untuk mengurangi tingkat kemacetan. Kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya," kata Gunawan.

Pihaknya menambahkan, selain mengurangi kemacetan, angkutan umum juga akan mampu menghemat pengeluaran masyarakat untuk membeli bahan bakar kendaraannya, sehingga biaya tersebut bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang lain.

"Selain mengurangi kemacetan lalu lintas, masyarakat juga bisa lebih berhemat," ujarnya.

Sementara Sekretaris Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tabanan Putu Ariana memberikan apresiasi serta menyambut baik masuknya bus Trans Sarbagita ke Tabanan.

Menurutnya hal itu menjadi awal yang baik bagi dunia transportasi khususnya di Tabanan. "Selama ini kami di Tabanan sudah mulai memberlakukan kembali sarana angkutan umum yakni Trans Serasi yang rutenya masih seputaran Kota Tabanan," katanya.

Ia mengharapkan dengan kehadiran Trans Sarbagita di Tabanan, mampu mengatasi kemacetan serta mempermudah akses masyarakat Tabanan menuju wilayah Badung, Gianyar dan Denpasar. (APP)

Pewarta: Pewarta : I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015