Gianyar (Antara Bali) - Kegiatan lomba gerak jalan juang 45 km yang menjadi agenda tahunan serangkaian HUT ke-70 Kemerdekaan RI di Kabupaten Gianyar, Bali tetap digelar, meskipun pesertanya minim.

Kegiatan tersebut tetap dilaksanakan, meskipun jumlah hanya 27 peserta, kata ketua panitia kegiatan tersebut Pande Made Purwatha ketika dihubungi, Jumat.

Ia mengatakan, pihaknya sejak awal sudah menyurati kepala desa, sekolah dan organisasi kepemudaan untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

"Situasi dan kesibukan di sejumlah desa menjadi alasan mereka tidak bisa mempersiapkan peserta untuk ambil bagian dalam kegiatan ini," ujarnya.

Ritual adat seperti odalan dan upacara ngaben menjadi alasan sejumlah desa tidak bisa mempersiapkan peserta untuk ikut dalam kegiatan ini.

Untuk itulah, gerak jalan juang 45 km kali ini hanya diikuti sebanyak 27 peserta dan didominasi dari kalangan sekolah SMA/SMK.

Pande Purwatha menambahkan, seluruh peserta akan menempuh jarak sepanjang 45 kilometer. Itupun sebagian besar rutenya akan mengikuti napak tilas para pejuang kemerdekaan.

Seluruh peserta akan memperebutkan piala bergilir dan piala tetap Bupati Gianyar, piagam serta uang pembinaan. Panitia akan menetapkan Juara I., II dan III serta Harapan I, II dan III. (WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015