Denpasar (Antara Bali) - Perhimpunan Indonesia-Tiongkok (INTI) Provinsi Bali, mengunjungi istri atau nyonya janda pahlawan I Gusti Ngurah Rai dan Letkol Wisnu yang berjuang membela Tanah Air Indonesia khusunya Bali, di kediamannya Jalan Nangka Selatan Denpasar, Sabtu.

"Ini menjadi kebahagian kami karena memiliki kesempatan untuk bertemu wirasa ke rumah I Gusti Ngurah Rai yang juga turut dihadiri keluarga pejuang Letkol Wisnu sebgai wujud bakti generasi muda kepada orang tua dan pendahulu kami," kata Ketua INTI Provinsi Bali, Sudiarta Indrajaya SE.,S.Ag, di Denpasar.

Ia mengatakan, tujuan kegiatan itu untuk selalu mengingat perjuangan para pahlawan yang secara rela berkorban mempertahankan Tanah Air Indonesia ini dari para penjajah untuk meraih kemerdekaan.

Sudiarta menegaskan, sudah menjadi kewajiban generasi muda khusunya dari Dewan Pembina dan segenap anggota INTI Bali untuk melanjutkan hal positif khususnya yang dilakukan para pejuang dan para pahlawan.
     
Kegiatan tersebut, menjadi agenda rutin keluarga besar INTI Bali yang dilakukan setiap tahunnya yang merupakan rangkaian untuk menyambut Hari Proklamasi Republik Indonesia.
     
Pihaknya menganggap istri para pahlawan itu merupakan orang tua INTI Bali yang merupakan hal yang terpuji sehingga dapat dilanjutkan generasi muda untuk membawa kemajuan bangsa dan negara untuk generasi selanjutnya.
      
Ketua Panitia 17 Agustus yang juga merangkap Bendahara Umum INTI Bali Wawan Danusartika, mengatakan selain mengunjungi rumah para pahlawan juga melakukan kegiatan penyuluhan pedofilia di Desa Tanah Aron, Kabupaten Karangasem pada 16 Agustus 2015.
     
Kegiatan penyuluhan itu bertujuan untuk mengedukasi masyarakat setempat agar menjaga buah hatinya dari kejahatan yang menimpa anak-anak yang menjadi generasi penerus bangsa sehingga tidak menjadi korban kekerasan seksual yang dilakukan para pedofilia.
     
"Saat puncak HUT Proklamasi nanti di daerah itu juga melakukan kegiatan donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis dan pasar murah," ujarnya.
     
Ia mengakui, INTI Bali setiap tahunnya mengadakan kegiatan positif dalam rangka memperingatan HUT Proklamasi, dimana sebelumnya menggelar kegiatan penyuluhan, donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis dan lainnya di Desa Pengelipuran, Kabupaten Bangli.
     
"Oleh Sebab itu kegiatan sosial ini diharapkan dapat meneruskan perjuangan para pendahulu kita," ujarnya.
     
Laksana Budhi, keluarga dari anak pahlawan I Gusti Ngurah Rai mengatakan sangat menghargai atas kunjungan INTI Bali dan segenap anggotanya untuk bertemu wirasa kepada para janda pahlawan Bali sehingga memberikan kontribusi positif pada keluarga.
     
"Saya sangat berterima kasih atas kunjungan ini karena menjadi salah satu bentuk apresiasi generasi muda kepada para pahlawan yang diharapkan selalu ingat kepada para pendahulunya," ujar Laksana Budhi.(SRW)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Made Surya


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015