Denpasar (Antara Bali) - Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia PGRI Kota Denpasar menggelar parade "Merah Putih" yang diikuti anak-anak pendidikan usia dini untuk memperingati HUT Ke-70 Kemerdekaan Indonesia.

Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) PGRI Kota Denpasar Made Aryaningsih, Sabtu mengatakan, tujuan diadakan parade ini untuk meningkatkan dan mengembangkan karakter bangsa cinta tanah air kepada anak-anak PAUD se-Kota Denpasar.

Ia mengatakan pelaksanaan kegiatan ini juga membangkitkan nilai-nilai kebangsaan di kalangan masyarakat yang dimulai dari anak-anak. Disamping itu untuk memperkenalkan lingkungan sekitar pada anak-anak PAUD agar lebih peduli terhadap lingkungan.

Kegiatan tersebut dihadiri Bunda PAUD Kota Denpasar Ny. Selly Dharmawijaya Mantra didampingi Kepala Disdikpora Kota Denpasar IGN Eddy Mulya dan undangan lainnya ditandai pelepasan balon merah putih ke udara.

Aryaningsih lebih lanjut mengatakan Parade Merah Putih ini diikuti sebanyak 36 gugus dengan masing-masing 50 orang serta 286 lembaga, sehingga mencapai 2.700 peserta dari anak-anak PAUD se-Kota Denpasar,

"Pada parade kali ini juga melibatkan guru beserta seluruh taman kanak-kanak (TK) dan PAUD di Kota Denpasar," katanya.

Dikatakan parade tersebut dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan Agustus menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Diharapkan dengan diselenggrakan Parade Merah Putih ini, anak-anak bisa memiliki rasa nasionalisme dan cinta terhadap tanah air serta bisa membentuk karakter bangsa sejak dini guna menanamkan sifat jujur.

"Disiplin, tanggung jawab dan pemberani kita harapkan kepada generasi penerus sejak dini," kata Aryaningsih.

Kegiatan ini menempuh rute sepanjang Taman Kota Lumintang dan Gedung Sewaka Dharma-Jalan Mulawarman-Jalan Gatot Subroto dan kembali ke Taman Kota Lumintang. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015