Singaraja (Antara Bali) - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali menjuarai lomba kuliner Buleleng Festival (Bulfest) yang digelar di halaman rumah jabatan Bupati Buleleng, Kamis.

"SMKN 1 Seririt keluar sebagai pemenang setelah mengungguli para pesaingnya berasal dari SMA/SMK dari seluruh kecamatan di Buleleng," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng Dra. Wayan Lugraheni.

Ia mengatakan, para peserta diharuskan membuat hidangan pembuka, hidangan utama dan hidangan penutup, kriteria yang dinilai secara umum adalah persiapan, proses kerja dan penyajian.

Ia menjelaskan, para juri yang sudah berkompeten dalam bidangnya masing-masing memberikan nilai tertinggi kepada sekolah yang berlokasi Kecamatan Seririt itu.

"Para juri yang terdiri dari Dra Risa P. Ariani M Si, I Dewa Komang Suardana SE MM, dan I Gede Suarjana Yasa memang dari awal menaruh perhatian lebih terhadap peserta dari SMKN 1 Seririt karena mereka kreatif dan cara masaknya rapi," kata dia.

Sementara itu, tim juri juga menetapkan SMK Negeri 2 Singaraja sebagai juara kedua, SMK Triatma Jaya sebagai juara ketiga dan SMK Nusa Dua Gerokgak sebagai juara harapan 1.

Lebih lanjut, Lugraheni menjelaskan, lomba kuliner tingkat SMA/SMK yang baru pertama kali digelar pada ajang Bulfest bertujuan menyemarakan festival akbar terbesar di Bali Utara ini," kata

Ditambahkan, lomba yang dilaksanakan pada hari ketiga Bulfest itu diikuti 15 tim dari SMA/SMK se-kabupaten Buleleng. "Jumlah tim cukup banyak mengingat antusias para siswa mengikuti lomba ini cukup tinggi," imbuhnya.

Selain untuk memeriahkan festival yang menjadi agenda tahunan Pemkab Buleleng itu, lomba tersebut juga bertujuan untuk melestarikan budaya daerah seperti ngelawar di kalangan remaja Buleleng. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015