Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Provinsi Bali berencana mengembangkan pembangunan SMKN Bali Mandara sebagai sekolah unggulan ke Kabupaten Karangasem pada 2016.

"Untuk tahun mendatang, saya sudah merencanakan membangun SMKN Bali Mandara di Karangasem, dan selanjutnya di kabupaten lainnya yang tingkat kemiskinannya masih tinggi," kata Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat menyampaikan jawabannya atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Bali terhadap RAPBD Bali Perubahan tahun anggaran 2015 di Denpasar, Jumat.

Pastika menyampaikan terima kasih atas dukungan fraksi di DPRD Bali untuk pengembangan SMK dan SMA Bali Mandara secara bertahap ke semua kabupaten di Pulau Dewata.

Saat ini, SMAN dan SMKN Bali Mandara baru dipusatkan di daerah Kubutambahan, Kabupaten Buleleng.

Semua siswa yang bersekolah di sana, tinggal dalam asrama dan semua biaya pendidikan ditanggung oleh Pemprov Bali.

SMAN Bali Mandara sudah menerima siswa sejak 2010, sedangkan SMKN Bali Mandara baru menerima siswa mulai tahun pelajaran 2015/2016. Setiap tahun diterima siswa berprestasi dari keluarga miskin, yang sebelumnya melalui seleksi yang ketat hingga kunjungan ke rumah.

Sebelumnya Fraksi Partai Demokrat DPRD Bali dalam pandangan umumnya mengusulkan supaya sekolah Bali Mandara dikembangkan bertahap ke semua kabupaten dan kota di Bali.

"Sekolah Bali Mandara sudah teruji prestasinya, dengan pengembangan secara bertahap sehingga kami harapkan anak-anak pintar yang orang tuanya miskin bisa tertampung," kata Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPRD Bali Komang Nova Sewi Putra.

Hal itu, lanjut dia, juga untuk membangun karakter dan sumber daya manusia yang handal untuk membangun Bali. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015