Jakarta (Antara Bali) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, kerja keras harus dilakukan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas agar dapat benar-benar fokus dalam perencanaan sehingga melancarkan pelaksanaan program pembangunan.

"Kerja keras harus diberikan kepada Bappenas untuk fokus perencanaan pembangunan nasional," kata Jusuf Kalla kepada wartawan seusai memberikan arahan di Gedung Bappenas, Jakarta Pusat, Rabu.

Menurut Jusuf Kalla, bila ingin kesiapan dalam membangun tahun 2016, maka perencanaan program pembangunan tersebut juga harus benar-benar siap dan dikedepankan perencanaan anggarannya.

Wapres mengemukakan, Bappenas akan diarahkan agar hanya fokus untuk mempercepat perencanaan yang dilakukan dalam program pembangunan nasional sehingga bisa bekerja lebih cepat.

"Pasti.. pasti bisa mempercepat penyerapan," kata Jusuf Kalla ketika ditanyakan wartawan apakah dengan Bappenas fokus pada perencanaan bakal mempercepat penyerapan anggaran.

Sebelumnya, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas sedang menunggu peraturan presiden mengenai penambahan sejumlah wewenang baru, di antaranya wewenang dalam memeriksa program dan proyek serta alokasi anggarannya yang dicantumkan dalam daftar isian pelaksanaan Aaggaran (DIPA).

Satu wewenang baru lagi yang akan dimiliki Bappenas adalah memastikan persiapan program dan proyek-proyek pemerintah. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Muhammad Razi Rahman

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015