Tabanan (Antara Bali) - Masyarakat Desa Pekraman (Adat) Sunantaya, Kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan, Bali menggelar kegiatan ritual berskala besar Karya Agung "Memungkah, Ngenteg Linggih Mupuk Pedagingan Mepedudusan Agung lan Tawur Gentuh", Kamis.

Kegiatan ritual berskala besar itu sehubungan rampungnya perbaikan Pura Desa (Bale Agung) Desa Pekraman Sunantaya yang dihadiri Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Anggota DPR RI I Made Urip dan Ketua DPRD Bali I Nyoman Adi Wiryatama.

Ketua Panitia Karya tersebut Gede Wayan Sutarja melaporkan, persiapan dilakukan sejak dua bulan lalu menghabiskan biaya sekitar Rp 1 miliar.

Dana tersebut bersumber dari swadaya masyarakat secara iuran bagi 225 kepala keluarga (KK) atau setiap KK Rp 2 juta, disamping bantuan dari para donatur dan bantuan pemerintah.

Bupati Tabanan Eka Wiryastuti memberikan apresiasi atas swadaya masyarakat yang cukup besar dalam mewujudkan pembangunan tempat suci dan kegiatan ritual bagi masyarakat desa pekraman Sunantaya, Kecamatan Penebel.

Karya agung tersebut menjadi cermin kebersamaan, persatuan dan kesatuan, rasa tulus iklas diantara anggota masyarakat dalam melaksanakan pengorbanan suci (yadnya).

"Pelihara dan jaga persatuan kesatuan, jalani yadnya dengan tulus iklas, niscaya kedamaian, keharmonisan kesejahteraan akan dikaruniai-Nya. Karena semua itu telah menjadi tujuan kita bersama yang tertuang dalam visi tabanan serasi,sejahtera aman dan berprestasi ujar Bupati Eka Wiryastuti. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015