Denpasar (Antara Bali) - Forum Teruna-Teruni (Pemuda Pemudi) Kecamatan Selat, Bali, mendukung kandidat Bupati Karangasem Wayan Sudirta SH, karena dinilai mampu mengayomi dan rekam jejak kandidat sangat baik.

"Kami mendukung kandidat bupati yang peduli dan mampu mengayomi semua unsur masyarakat secara berkeadilan," kata Ketua Forum Teruna-Teruni Selat, Ketut Suastika di Karangasem, Bali, Senin.

Ia mengatakan Bupati Karangasem haruslah kader yang dapat dipercaya, dan itu dibuktikan melalui rekam jejak (track record). Visi misi dan program bisa bagus, tapi orang yang jadi calon haruslah dipercaya memang akan bekerja keras mewujudkan visi dan misinya.

Suastika mengatakan kandidiat Wayan Sudirta layak dipilih memimpin Karangasem karena rekam jejaknya sudah jelas, yakni pro-rakyat, berani, jujur, komitmen mencegah korupsi, termasuk peduli pada muda-mudi, dan lainnya.

Selain itu, kata dia, Wayan Sudirta juga merupakan kandidat terunggul menurut survei SMRC (Saiful Mujani Research and Consulting).

``Kami mengajak pemuda-pemudi di Kecamatan Selat, mari bersama-sama mendukung dan mensosialisasikan Pak Sudirta untuk Bupati Karangasem. Rekam jejak beliau sudah jelas, figur yang punya integritas, berani, punya pengalaman, jujur, punya kemampuan memimpin dan bekerja sama, jaringan yang luas,`` ucapnya.

Pada kesempatan itu Wayan Sudirta menawarkan sejumlah program untuk pemuda-pemudi. Di antaranya memberikan kursus gratis untuk Bahasa Mandarin dan Bahasa Jepang, kursus mengemudi, kursus komputer, dan program yang selama ini sudah berjalan, seperti anak asuh untuk menyekolahkan siswa-siswi peringkat satu sampai tiga, bantuan hukum secara gratis, pendampingan ke rumah sakit untuk mendapat kamar, pengobatan gratis, transfusi darah, dan lain-lain.

Kadek Ananta Usada dan beberapa relawan yang ditunjuk menjadi ketua tim untuk mewujudkan program untuk Forum Teruna-Teruni seperti kursus bahasa asing dan kursus mengemudi menyatakan, yang berminat dipersilakan mendaftar melalui koordinator desa teruna teruni atau ketua forum kecamatan, agar bisa disiapkan segala sesuatunya.

Untuk kursus bahasa Mandarin misalnya, sudah ada instansi yang menawarkan guru serta fasilitas lain yang dibutuhkan.

``Dengan ketrampilan berbahasa asing, adik-adik bisa bekerja sebagai pemandu wisata. Bila mau bekerja keras dan ulet, tidak mustahil kelak bisa sukses. Sebab, cukup banyak muda-mudi Karangasem yang merantau ke Denpasar, berbekal semangat dan kemauan kerja keras, terbukti bisa sukses," katanya.

Wayan Sudirta menambahkan dengan kerja keras sehingga banya perantau dari karangasem sukses, bahkan punya hotel, restoran, dan usaha-usaha lainnya.

"Jadi tidak boleh patah semangat, walau pun tidak semua bisa kuliah ke perguruan tinggi. Adik-adik bisa membangun Karangasem dengan kerja keras dan keuletan,`` kata Sudirta. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015