Karangasem (Antara Bali ) - H-5, suasana Pelabuhan Padangbai, Karangasem masih terlihat lengang, Minggu (12/7) siang.

Antrean kendaraan penumpang kapal tujuan Pelabuhan Lembar, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak terlalu panjang.

Kepala Tata Usaha pada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Padangbai, I Made Budha, menyebutkan penumpang masih sepi.

Diperkirakan, puncak arus mudik akan mengalami lonjakan pada H-3 Lebaran. “Hari ini (Minggu) masih sepi. Biasanya, H-3 itu puncak arus mudik. Sekarang baru H-5,” ujar Budha.

Sementara, Data di PT ASDP Padangbai, menyebutkan jumlah penumpang yang meninggalkan Bali melalui Pelabuhan Padangbai, sudah mencapai 10.225 orang. Jumlah tersebut tercatat hingga H-6 lebaran, Sabtu lalu.

Terkait cuaca selama arus mudik, Budha menegaskan, cuaca di jalur penyeberangan selat Lombok, termasuk bagus. Jauh berbeda dengan cuaca yang terjadi di Pelabuhan Padangbai, dan Karangasem pada umumnya.

Sebagaimana diketahui, cuaca di wilayah Karangasem tak bersahabat. Angin bertiup kencang. Sedangkan cuaca di laut, kecepatan angin sekitar 15 knot. Berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sedangkan tinggi gelombang di kisaran 0,3-2,5 meter, atau masih dalam posisi normal.

“Kalau diperkirakan tidak aman, kami akan sampaikan supaya menunda penyeberangan. Selain mendapat informasi dari BMKG, juga ada komunikasi dengan awak kapal,” pungkasnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Pande Yudha

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015