Tabanan (Antara Bali) - Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta berharap kegiatan Jumpa Bakti Gembira IV Palang Merah Remaja di dapat meningkatkan karakter positif generasi muda.

"Melalui Jumbara IV yang mengambil tema `PMR berkarakter, berdedikasi, warnai masa depan PMI,` maka remaja kami harapkan semakin memahami dan mampu memaknai arti dari kemanusian yang memang menjadi tujuan dari kepalangmerahan," katanya saat membuka Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) IV PMR-PMI Provinsi Bali di Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana, Kabupaten Tabanan, Senin.

Ia mengemukakan, Pemerintah Provinsi Bali telah memberikan perhatian bagi kepalangmerahan melalui program pemerintah di bidang sosial dan kesehatan.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu dan memfasilitasi berbagai program PMI Provinsi Bali dan Pemerintah Provisi Bali mengharapkan adanya peran aktif dari seluruh sekolah mulai tingkat SD sampai SMA untuk bisa mengoptimalkan keberadaan Palang Merah Remaja," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sudikerta yang mewakili Gubernur Bali membuka Jumbara IV PMR-PMI Provinsi Bali yang ditandai dengan penancapan kapak dilanjutkan mengunjungi pameran mini serta tenda peserta Jumbara dari perwakilan kabupaten/kota se-Bali.

Sementara itu, Ketua Panitia I Nyoman Puasha Aryana melaporkan bahwa Jumbara merupakan ajang evaluasi pembinaan generasi muda yang dilaksanakan oleh Palang merah Indonesia yang ditujukan untuk Palang Merah Remaja.

Kegiatan seperti ini dilaksanakan secara bertahap dari tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional. Kegiatan Jumbara merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali dan tahun ini diadakan di MNTPB Margarana dari 5-10 Juli 2015.

Dalam kegiatan Jumbara melibatkan partisipasi dari seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Bali yang terdiri dari kategori PMR Mula (SD), PMR Madya (SMP), dan PMR Wira.

Menurut Puasha, kegiatan Jumbara menjadi penting untuk dilaksanakan karena selain sebagai bentuk evaluasi pembinaan PMR PMI se-Bali akan tetapi sebagai wadah untuk mengakomodasi krerativitas dan animo pelajar dalam mengembangkan pengetahuan serta ketrampilan dalam bidang kepalangmerahan. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015