Denpasar (Antara Bali) - Pementasan lomba "Cecimpedan", atau teka-teki berbahasa daerah Bali menghibur ratusan penonton Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-37 di Kalangan Ayodya, Taman Budaya, Denpasar.

"Cecimpedan atau teka-teki bahasa Bali memakai nada bertanya yang biasa digunakan dalam pergaulan sehari-hari masyarakat Bali," kata salah seorang juri lomba tersebut, I Wayan Sugita, Sabtu.

Ia menjelaskan, sejumlah peserta yang ikut dalam lomba "Cecimpedan" itu tak hanya saling ejek dan juga saling menggoda lawan-lawannya, sehingga sangat menghibur penonton yang hadir.

Kriteria yang dipakai dalam penjurian lomba itu tidak diperkenankan menggunakan bahasa di luar bahasa Bali, dan menjawab juga tidak diperbolehkan menggunakan bahasa lain termasuk Bahasa Indonesia.

"Yang dipakai harus asli "Cecimpedan" bukan sesawangan (peribahasa Bali) atau paribasa yang lainnya. "Kenapa demikian, karena cecimpedan itu mempunyai ciri khas yang berbeda, serba terbalik, pendek-pendek dan tidak terlalu panjang," jelasnya.

Ia menambahkan, jumlah peserta dari tahun ke tahun semakin meningkat, penampilan para peserta pun kian meningkat kualitasnya, mulai dari isi dan makna dari "Cecimpedan" itu sendiri.

"Saya salut mereka kuat menghapal dan jika memberikan ulasan atau argumen sangat kuat sekali, apabila tidak cerdas tidak mungkin mereka bisa seperti itu," imbuhnya.

Lebih lanjut I Wayan Sugiana mengatakan, lomba tersebut merupakan salah satu cara melestarikan Bahasa daerah Bali yang mulai jarang dipakai masyarakat Bali kekinian.

Ia menambakan hal ini perlu ditingkatkan lagi dalam bentuk lomba-lomba yang lainnya.

"Dalam kesempatan apapun, berikan mereka kesempatan untuk tampil dan menghibur masyarakat, berikan mereka porsi untuk berbahasa Bali, jangan malu menggunakan bahasa Bali,"ungkap dia

Dalam lomba "Cecimpedan" di PKB ke-37 tahun 2015, duta Dari kota Denpasar yang menjadi juara pertama, diikuti Kabupaten Gianyar sebagai juara kedua dan Kabupaten Klungkung menempati peringkat ketiga. (WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015