Denpasar (Antara Bali)- PT Bank Central Asia menggandeng "World Wide Funds for Nature" (WWF) Indonesia menanam bibit bakau di sepanjang pantai Desa Pejarakan, Kabupaten Buleleng, Bali.

Kepala BCA Kantor Wilayah IV Denpasar Frenky Chandra di Denpasar, Kamis, mengatakan bahwa kegiatan itu sebagai upaya menyelamatkan lingkungan dan mencegah terjadinya abrasi pantai.

"Kegiatan ini sekaligus dalam rangkaian HUT ke-58 BCA dan bagian tindak lanjut dari penanaman yang telah dilaksanakan di ekowisata mangrove di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara dan sejumlah wilayah lainnya," katanya didampingi Sekretaris Perusahaan BCA Inge Setiawati.

Frenky juga berharap kegiatan tersebut bisa membantu merehabilitasi kawasan hutan bakau di Desa Pejarakan.

Selain itu, lanjut dia, penanaman pohon bakau merupakan bagian dari program "Newtrees" yang dicanangkan oleh WWF sebagai upaya perbaikan fungsi ekosistem prioritas di tingkat bentang alam.

Program "Newtrees" juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengintegrasikan pembangunan sektoral dengan daya dukung lingkungan.

"Program Newtrees turut mendukung dan berkontribusi mewujudkan komitmen pemerintah untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 26 persen pada tahun 2020," katanya.

Sebelumnya BCA juga menggelar kegiatan serupa di Pantai Indah Kapuk (Jakarta), Blanakan (Subang), Tanggamus (Lampung), Muara Kali Opak (Yogyakarta), Teluk Lamong (Surabaya), Lamujong (Aceh Besar), Bengkayang (Kalimantan Barat), dan Wringin Putih (Banyuwangi) yang secara keseluruhan mencapai 18.000 bibit bakau.

Rangkaian HUT BCA juga diisi dengan kegiatan pemeriksaan mata secara gratis dan donasi kacamata kepada siswa sekolah binaan di Serang, Yogyakarta, dan Lampung.

BCA juga menggelar pengobatan gratis di sejumlah tempat sekaligus sosialisasi program "BCA Green Stage" bersama WWF Indonesia dan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF).

"Kami ingin memanfaatkan momentum HUT ini untuk berbagi kepada sesama. Semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat dan membantu menciptakan lingkungan masyarakat sehat dan sejahtera," kata Franky.(I020)

Pewarta: Pewarta : I Komang Suparta

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015