Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Provinsi Bali mengapresiasi semangat para wanita yang tergabung dalam kegiatan "21 Srikandi Bersepeda" yang telah berhasil mengayuh sepeda dari Nusa Tenggara Barat menuju Bali.

"Kegiatan Srikandi bersepeda ini sejalan dengan salah satu program Bali Mandara yang berkomitmen menjadikan Bali sebagai Provinsi Hijau (green province)," kata Asisten II Pemprov Bali Ketut Wija saat menerima para pesepeda itu di Denpasar, Kamis.

Selain itu, menurut dia, apa yang dilakukan 21 wanita tersebut merupakan langkah strategis dalam upaya meneladani semangat juang perempuan Indonesia dan sekaligus sebagai momen memperingati Hari lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni.

"Langkah-langkah penyelamatan lingkungan seperti mengkampanyekan gerakan membirukan langit melalui aksi pembagian dan penanaman bibit pohon, serta mengkampanyekan sepeda sebagai kendaraan ramah lingkungan bagi siapa saja dan kemana saja perlu terus dilakukan," ujar Wija.

Pihaknya berharap agar kegiatan sejenis ini tetap berlanjut di masa yang akan datang sehingga kelestarian lingkungan hidup bisa terwujud.

Kegiatan 21 Srikandi Bersepeda itu melibatkan 21 orang wanita yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang sebelumnya telah lulus mengikuti tahapan seleksi.

Para wanita ini membawa misi mencintai bumi dan alam dengan cara bersepeda melewati rute Provinsi Nusa Tenggara Barat sampai Bali.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan itu sudah dimulai sejak 5 Juni 2015 dan berakhir di Bali. (WDY)

Pewarta: Oleh Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015