Denpasar (Antara Bali) - Sejumlah hotel di Bali melakukan penanaman pohon penghijauan serangkaian Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2015, salah satunya Hotel Grand Inna Kuta menanam pohon di kawasan Pantai Kuta, Bali.

"Penanaman pohon penghijauan jenis ketapang di kawasan Pantai Kuta adalah sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan. Kali ini juga dirangkaikan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia," kata Ira Agustini, Marketing Communication Manager Hotel Grand Inna Kuta, di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Jumat.

Ia mengatakan penanaman pohon penghijauan dilakukan secara berkesinambungan setiap tahunnya. Tidak hanya penanamannya di kawasan Pantai Kuta, akan tetapi ke depannya bisa saja sasarannya ke kawasan pegunungan.

"Ke depan kami akan memperluas menanaman pohon penghijauan, tidak saja di kawasan Pantai Kuta atau kawasan hotel setempat, tetapi kami akan melakukan kerja sama dengan instansi terkait untuk penanaman pohon, seperti Dinas Kehutanan, Perhimpunan Hotel dan Restoran dan lainnya," ujarnya.

Ira Agustini lebih lanjut mengatakan penanaman pohon kali ini memang memfokuskan di kawasan Pantai Kuta, sebab masih banyak ruang yang belum ditanami pepohonan. "Pohon yang ditanam di Pantai Kuta hari ini berjumlah 15 pohon dengan tinggi mencapai 1,5 meter. Alasan pemilihan pohon yang agak tinggi supaya lebih mudah hidup dan berkembang, termasuk juga lebih mudah memeliharanya," ucapnya.

Dikatakan, untuk pemeliharaan pohon yang ditanam dari manajemen hotel tersebut, pihaknya akan menyerahkan bagian kebun, sehingga dengan demikian setiap hari bisa dirawat dan disiram air agar tumbuh subur. "Untuk penghijauan di kawasan pantai adalah tanaman ketapang, sebab tanaman ini cocok dan bisa hidup dengan udara laut. Tanaman ini juga salah satu mampu mencegah abrasi pantai," katanya. (WDY)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015