Nusa Dua, Bali (Antara Bali) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan agar dokter militer untuk menjaga netralitas dan independensi dalam berbagai situasi yang terjadi.

"Perlu juga jaga netralitas daripada dokter militer apapun yang terjadi, saat perang atau operasi non perang," kata Wapres ketika membuka Kongres ke-41 Kedokteran Militer Sedunia (ICMM) di Nusa Dua Convention Center, Kabupaten Badung, Bali, Senin.

Dalam sambutannya, Wapres juga mengingatkan pentingnya kerja sama dalam masa damai.

"Kerja sama di bidang ini penting untuk persiapan berbagai kepentingan lain. Tentu dalam filosofi militer suatu negara kalau terjadi kedamaian adalah konsolodasi. Yang dibutuhkan sekarang adalah 'watch and learn' untuk laksanakan tugas kebersamaan," katanya.

Selain itu juga penting untuk kerja sama teknologi, perlu saling tingkatkan dan saling ketahui untuk atasi masalah dewasa ini.

Fungsi dokter militer di samping siap dalam situasi terburuk, juga atasi masalah sosial seperti bencana dan konflik. "Saya harapkan kongres hari ini bermanfaat. Penting tingkatkan kerja sama dan pengetahuan masing-masing negara sehingga bisa bekerja untuk kemanusiaan," katanya. (WDY)

Pewarta: Oleh Desi Purnamawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015