Denpasar (Antara Bali) - Pelayanan klinik oleh dokter gigi di Puskesmas III Denpasar Selatan sebagai duta Kota Denpasar mendapat penilaian dari tim juri Provinsi Bali.

"Dalam sebuah perlombaan hendaknya juara bukan semata-mata yang dicari, melainkan bagaimana dalam sebuah perlombaan mampu membangkitkan semangat dan konsistensi dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat," kata Wali Kota Denpasar I B. Rai Dharmawijaya Mantra di Denpasar, Kamis.

Ia mengatakan bahwa meningkatkan kesehatan masyarakat, baik dalam mencegah terjangkitnya penyakit, seperti demam berdarah (DBD), maupun penyakit menular lainnya dapat dilakukan secara berkesinambungan dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat. "Begitu juga dalam merawat kesehatan gigi bagi masyarakat sangatlah penting," kata Rai Mantra yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Denpasar Luh Putu Sri Armini.

Dalam mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, kata dia, pihaknya juga telah melaksanakan program rujukan "online" dari tingkat puskesmas menuju RSUD Wangaya sebagai langkah "Smart Healty".

Dengan langkah ini diharapkan masyarakat lebih cepat mendapatkan pelayanan tanpa harus menunggu lama di rumah sakit dengan tujuan mewujudkan kesehatan warga kota yang mengarah pada "Kota Sehat". "Perbaikan infrastruktur yang didukung lewat program `Smart City` dapat mewujudkan efektivitas secara menyeluruh dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Provinsi Bali dr. Laksmiwati mengatakan selama dua tahun berturut-turut puskesmas di Kota Denpasar telah mampu sebagai puskesmas terbaik tingkat nasional. "Kali ini kami kembali melakukan penilaian terhadap tenaga medis, khususnya dokter gigi yang diwakili drg. Putu Judy S.S. dari Puskesmas III Denpasar Selatan (Densel)," katanya.

Laksmiwati mengharapkan Puskesmas III Densel nantinya dapat mewakili Bali di tingkat nasional dan tetap mempertahankan predikat puskesmas terbaik tingkat nasional melalui tenaga medisnya, khususnya dokter gigi.

Dalam penilaian ini juga telah melakukan beberapa tahapan. Dari tahapan tes tulis dan kali ini dilakukan penilaian langsung di lapangan untuk menyesuaikan tes tulis dan program-program dokter gigi kepada masyarakat di puskesmas. "Kami berkeyakinan Denpasar melalui Puskesmas III Densel dapat mempertahankan predikat terbaiknya tingkat nasional yang tidak terlepas dari program-program peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat berkat dukungan wali kota," katanya. (WDY)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015