Negara (Antara Bali) - Pemkab Jembrana mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) di bidang pariwisata, lewat pendidikan setingkat SMK hingga membuka akademi komunitas bidang tersebut.

"Meskipun saat ini perkembangan pariwisata di Jembrana masih lambat, kami yakin ke depan akan makin baik. Untuk itu sumber daya manusia dari masyarakat lokal harus dipersiapkan," kata Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, saat menghadiri ulang tahun ke 2 SMK Negeri Pariwisata, di Kecamatan Pekutatan, Sabtu.

Ia mengatakan, pihaknya optimis sektor pariwisata akan makin berkembang, karena ada komitmen yang kuat dari Pemkab Jembrana, Pemerintah Provinsi Bali maupun pemerintah pusat.

Menurutnya, beberapa infrastruktur dan fasilitas penunjang saat ini mulai dibangun, yang ketika sudah difungsikan membutuhkan tenaga yang handal di bidang tersebut.

"Lebih baik pengelola atau sumber daya manusia disiapkan, meskipun pariwisatanya belum mencapai titik yang tertinggi. Daripada nanti, saat pariwisata di Jembrana sudah ramai, sementara masyarakat lokal tidak siap, kita hanya akan mendapatkan pekerjaan paling bawah," ujarnya.

Khusus kepada murid SMK Negeri Pariwisata ini, ia berpesan, untuk melanjutkan ke jenjang akademis yang lebih tinggi, seperti mendaftar ke akademi komunitas di Desa Baluk, Kecamatan Negara.

Kepala SMK Negeri Pariwisata I Gusti Ngurah Sudama mengatakan, ada 287 murid di sekolah tersebut, yang dibagi menjadi dua jurusan yaitu akomodasi perhotelan danm tata boga.

Menurutnya, untuk menambah ketrampilan murid, pihaknya menjalin kerjasama dengan beberapa hotel, untuk pelajaran praktek maupun magang.

Namun ia mengaku, sekolah tersebut masih kekurangan guru lulusan sarjana Manajemen Perhotelan, sehingga tenaga pendidik mata pelajaran tersebut belum sesuai dengan jumlah murid.(GBI)

Pewarta: Oleh Gembong Ismadi

Editor : Gembong Ismadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015