Denpasar (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika memperkenalkan SMAN Bali Mandara yang merupakan sekolah unggulan bertaraf internasional milik pemprov setempat kepada Konsul Jenderal Jepang di Denpasar Noboru Nomura.

"Kami harapkan, selain menjaga hubungan Indonesia dan Jepang khususnya Bali tetap berjalan harmonis, Konsul Jepang juga bisa ikut berpartisipasi terhadap SMA tersebut seperti penyelenggaraan beasiswa," kata Pastika saat menerima kunjungan silahturahmi dari Noboru Nomura, di Denpasar, Selasa.

Dia menceritakan bahwa SMAN Bali Mandara yang berlokasi di Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, merupakam sebuah sekolah bertaraf internasional yang dimiliki Bali yang menerima siswa didik berprestasi dari kalangan kurang mampu di Bali.

Menurut Pastika, kerja sama melalui dunia pendidikan merupakan momen yang baik untuk menjalin hubungan harmonis dengan sebuah negara. "Saya ingin mereka menyambung hubungan saya dengan Jepang, melalui dunia pendidikan saya rasa momen yang sangat baik untuk mempererat hubungan," katanya.

Sementara itu Konsul Jenderal Jepang di Denpasar Noboru Nomura, mengaku sangat tertarik dengan ide penyelenggaraan sekolah ini. Menurut dia, sekolah yang bisa mendidik siswanya dengan disiplin tinggi, terlebih dengan latar belakang siswa yang tidak biasa maka akan menciptakan pemimpin masa depan.

Oleh karena itu, dia meminta kepada Gubernur Bali untuk bisa mengunjungi sekolah tersebut secara langsung, sekaligus melihat secara langsung situasi belajar mengajar.

Mengenai beasiswa, Noboru mengatakan bahwa Jepang telah menyediakan beasiswa untuk D1, D2 dan D3 ke Jepang untuk mahasiswa Indonesia setiap tahun pada bulan April dan Oktober.

Ia berharap dengan adanya SMA ini, bisa dimunculkan kembali beasiswa-beasiswa lain dari Jepang untuk Indonesia khususnya Bali.
Selain itu, Noboru juga meminta pentunjuk dan masukan Pastika selama dirinya menjabat sebagai Konsul Jenderal di Denpasar agar tercipta hubungan harmonis antara Bali dan Jepang dari berbagai aspek. (WDY)

Pewarta: Oleh Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015