Kuta (Antara Bali) - Produsen minuman ringan PT Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) bersama Quiksilver dan PT Garuda Indonesia mengajak para wisatawan yang sedang berlibur di Bali untuk menjaga dan membersihkan Pantai Kuta, Selasa.

"Aksi bersih-bersih pantai itu dilakukan secara rutin sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan pantai dan sejumlah tempat wisata lainnya di Pulau Dewata," kata Regional Corporate Affairs Manager CCAI, Indah Triyanti.

Menurut dia, aksi bersih-bersih pantai setiap dua minggu sekali tidak hanya dilakukan di Pantai Kuta, tetapi di sejumlah pantai-pantai yang menjadi tujuan wisatawan berlibur di Pulau Dewata.

Kegiatan bersih-bersih pantai itu berhasil menarik minat para mahasiswa, desa adat, perwakilan hotel di sekitar pantai kawasan Badung bagian selatan.

Kegiatan bersih-bersih pantai tersebut merupakan Program "Bali Beach Clean Up (BBCU)" yang inisiatifnya berkesinambungan dari CCAI, Quiksilverdan Garuda Indonesia untuk mengurangi sampah di daerah pesisir Bali.

"Bali Beach Clean Up merupakan salah satu bentuk upaya kami dalam berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan di lima pantai di Bali sejak hampir tujuh tahun lalu," ujarnya.

Pihaknya berupaya untuk terus menjalankan program serupa, tidak hanya di Bali tetapi di wilayah lain di Coca-cola beroperasi.

"Kami berharap agar BBCU dapat terus berperan dalam penanggulangan sampah dan mendukung kesuksesan program pemerintah Bali dalam rangka memperkuat industri pariwisata," katanya.

Sejak awal mula dimulainya BBCU pada tahun 2008, program ini telah menciptakan 75 kesempatan kerja per hari untuk membersihkan 9,7km garis pantai dan mengumpulkan lebih dari 27,800583 ton sampah dari lima pantai di Bali seperti, Kuta, Legian, Seminyak, Kedonganan, dan Jimbaran.

Indah juga menjelaskan bahwa bagi CCAI, BBCU merupakan salah satu program CSR dan Sustainability di bawah pilar Kelestarian Lingkungan.

Coca-Cola Amatil Indonesia menerapkan empat pilar kunci sebagai parameter untuk menjalankan program-program CSR dan Sustainbility yang harmonis yakni, menjaga dan melestarikan lingkungan, menyediakan beragam pilihan produk kepada pelanggan, mempertahankan budaya kerja yang baik dan nilai-nilai positif di kalangan karyawan CCAI, dan berkontribusi terhadap pembangunan sosial dan ekonomi seluruh masyarakat setiap wilayah operasi CCAI. (WDY)

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015