Denpasar (Antara Bali) - Sekretaris Daerah Kota Denpasar Anak Agung Rai Iswara meminta kepada petugas untuk memperhatikan pengelolaan limbah cair di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) III Kecamatan Denpasar Utara.

"Kami berharap petugas selalu memperhatikan pengelolaan limbah cair yang dihasilkan dari puskesmas tersebut," katanya saat bertatap muka dengan petugas medis, pegawai puskesmas dan juru pemantau jentik di Puskesmas III Denpasar Utara, Kamis.

Rai Iswara didampingi Kepala Dinas Kesehatan Denpasar dr Luh Putu Sri Armini mengatakan pihaknya terus melakukan pembinaan secara terus menerus ke puskesmas dan selalu berpegang kepada slogan "Sewaka Dharma" yakni melayani adalah kewajiban.

"Dengan peningkatan fasilitas pelayanan di masing-masing puskesmas dan penanganan limbah cair yang dihasilkan dari puskesmas itu sendiri secara swadaya, akan menciptakan puskesmas yang berkualitas," katanya.

Dalam mengimplementasikan slogan "Sewaka Dharma", kata Rai Iswara, para pegawai harus berpegangan pada janji pelayanan yang berlandasan dengan ajaran "Catur Marga" yakni empat jalan menuju kebahagiaan, pertama ketulusan menerima diri, kedua meningkatkan kualitas diri, ketiga bekerja dengan sungguh-sungguh, dan keempat profesionalisme. Dengan itu semua pasti dapat mewujudkan pelayanan yang prima pada masyarakat.

Selain itu, kata Rai Iswara, ada tiga hal harus ditangani secara maksimal yakni, pendidikan, kesehatan, dan bidang sosial. Namun yang paling mendasar adalah kesehatan, karena jika kesehatan baik maka pembangunan dibidang lainnya juga akan berhasil dengan baik.

"Apalagi sekarang gedung di Puskesmas III untuk pelayanan kesehatan sudah baru dan berlantai tiga serta adanya mesin Ipal (instalasi pengolahan limbah) cair adalah suatu yang luar biasa, oleh sebab itu harus terus dijaga kebersihan, kenyamanan dan fungsinya," ujar Rai Iswara.

Ia berharap di dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk selalu bersandar kepada UU Kesehatan yang telah ada, guna menghindari hal-hal yang di luar kendali seperti adanya malpraktik yang akan merugikan masyarakat dan nama baik dari pelayanan kesehatan.

Kadis Kesehatan Kota Denpasar dr Luh Putu Sri Armini mengharapkan apa yang di arahkan oleh Sekda Kota Denpasar supaya dilaksanakan dan diresapi.

Ia berharap para pegawai puskesmas supaya menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing dengan baik, fokus dan sungguh-sungguh agar terciptanya pelayanan kesehatan yang benar dan tepercaya.

Sementara itu Kepala Puskesmas III Denpasar Utara, AAN Taruma Wijaya mengucapkan terima kasih atas arahan yang diberikan oleh Sekda Kota Denpasar dan termotivasi dengan pengarahan tersebut.

"Pengarahan Sekda menjadi pemacu dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan sesuai dengan konsep `Sewaka Dharma`," katanya. (WDY)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015