Madrid, (Antara Bali) - Menteri Pertahanan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu, beserta delegasi mengadakan kunjungan kerja ke Spanyol.

Duta Besar RI untuk Spanyol Yuli Mumpuni Widarso kepada Antara London, Kamis, mengatakan kunjungan Menhan RI ke Spanyol kali ini merupakan langkah penting dan strategis dalam memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Spanyol di bidang industri pertahanan. Selain sebagai tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) Kerja sama Bidang pertahanan yang ditandatangani oleh Menhan RI dan Menhan Spanyol, di Jakarta, pada tanggal 13 Februari 2013 lalu.

MoU tersebut telah dirintis kedua negara sejak tahun 2007 dalam rangka meningkatkan kerja sama baik di bidang ilmu pengetahuan terkait penggunaan sistem dan peralatan militer, maupun kerjasama operasi militer selain perang dan teknologi serta kerja sama dalam pengembangan industri penerbangan.

Pada saat ini, kerja sama Indonesia-Spanyol di bidang industri pertahanan yang telah berjalan adalah pembelian sembilan unit pesawat C-295 dimana tujuh unit pesawat diproduksi oleh Airbus Defence and Space di Sevilla dan dua unit lainnya sedang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia di Bandung.

Selain itu, Indonesia juga tengah menjajaki pembelian tujuh unit C-295 lagi untuk melengkapi kekuatan satu skuadron dan pembangunan kapal latih untuk menggantikan KRI Dewaruci.

Dalam kunjungan kerja ke Spanyol, Menhan juga menghadiri pameran teknologi keamanan dan pertahanan internasional "HOMSEC" ke-5, di IFEMA Madrid, yang berlangsung dari tanggal 10-12 Maret. Selain mengunjungi pameran, Menhan dijadwalkan bertemu dengan Sekretaris Negara Bidang Pertahanan Spanyol, Pedro Argelles Salaverra, dalam rangka memperkuat kerjasama bilateral Indonesia-Spanyol di bidang pertahanan dan meninjau instalasi Airbus Defence and Space di Getafe yang memproduksi pesawat Eurofighter, pesawat angkut berat A400M dan pesawat Multi Role Tanker Transport (MRTT) A330. (WDY)

Pewarta: Oleh Zeynita Gibbons

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015