Jayapura (Antara Bali) - Para peserta kongres KNPI ke-14 di Jayapura, Papua, 24-28 Februari 2015, terus berdatangan  dari berbagai daerah dan menginap sejumlah hotel di Jayapura, Papua.

Ketua OC Kongres KNPI ke-14, Yunus Wenda mengatakan, di Jayapura, Senin, bahwa sudah datang 50 orang panitia kongres KNPI dari Jakarta tiba di Papua, Minggu kemarin dan akan terus mengalir kedatangan peserta kongres KNPI pada Senin dan Selasa 23-24 Februari 2015.

"Senin pagi ini (23/2) telah datang sekitar 270 peserta kongres KNPI dari berbagai daerah dengan menggunakan tiga pesawat Garuda dan pesawat Batik Air serta pesawat lainnya. Kemudian Selasa pagi akan datang lagi sekitar 270 peserta kongres sehingga saat pembukaan kongres pada Selasa sore, 24 Februari 2015, akan dihadiri seluruh peserta kongres dari seluruh provinsi di Indonesia," tambah Yunus Wenda, yang juga Ketua DPRD Papua.

"Kami akan melayani semua peserta kongres KNPI, baik itu transportasi dan akomodasinya serta jaminan keamanan. Kongres KNPI ini merupakan kongres nasional diharapkan menjadi pintu dan jembatan agar organisasi masyarakat, pengusaha, dan partai politik mulai melirik kota Jayapura sebagai tempat penyelenggaraan pertemuan tingkat nasional dan internasional," kata Yunus.

"Di sini, Pemda, pemuda dan semua masyarakat senang dan mendukung kota Jayapura atas dipilihnya Jayapura  sebagai kota penyelenggaraan kongres KNPI," tambah dia.

Para pemuda Papua sudah minta sejak 20-25 tahun lalu agar kongres KNPI diadakan di Papua untuk lebih mengintegerasikan pemuda Papua ke NKRI, tambahnya. Menurut rencana, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menpora Imam Nahrawi akan hadir sekaligus membuka Kongres KNPI, Selasa, sore 24 Februari 2015. (WDY)

Pewarta: Oleh Adi Lazuardi

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015