Jakarta (Antara Bali) - Tim SAR Gabungan telah menemukan bagian badan pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ8501 yang jatuh 28 Desember 2014, kata Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) F Henry Bambang Soelistyo.

"Bagian body (badan) pesawat dengan satu sayap pesawat masih menempel ditemukan pada hari ini," ujar Soelistyo di kantor Pusat Basarnas, Kemayoran, Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan bagian badan pesawat dengan dimensi 30x10x3 meter tersebut ditemukan kapal Angkatan Laut Singapura pukul 15.05 WIB sekitar 3.000 meter dari lokasi penemuan ekor pesawat dan 800 meter dari tempat penemuan perekam data penerbangan (Flight Data Recorder/FDR).

Tim SAR Gabungan sudah menemukan ekor pesawat pada hari ketujuh pencarian pesawat. Pada Senin (12/1) tim menemukan dan mengangkat FDR di perairan Selat Karimata, Kalimantan Tengah, dan kemudian menemukan perekam suara kokpit (Cockpit Voice Recorder/CVR) pesawat itu serta mengangkatnya pada Selasa (13/1).

CVR dan FDR lantas dibawa ke Jakarta supaya Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bisa menelitinya.

Sembari terus mencari bagian-bagian pesawat lain, Basarnas dan tim SAR gabungan tetap memusatkan perhatian pada upaya pencarian korban yang rencananya diubah menjadi operasi harian setelah operasi pencarian pokok dihentikan. (WDY)

Pewarta: Oleh Agita Tarigan

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015