Denpasar (Antara Bali) - Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Bali mampu sebagai pionir dalam penerapan ilmu dan teknologi (IT) dalam manajemen guna meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di perguruan tinggi swasta ini.

"Perguruan tinggi lainnya perlu mengikutinya jika ingin meningkatkan kualitas mutu pendidikan," kata Ketua Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta di wilayah Bali, NTB, dan NTT, Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si pada peluncuran WIFI di IKIP PGRI Bali di Denpasar Rabu.

IT yang sudah ada bisa bermanfaat dengan baik, jika dosen maupun mahasiswa mampu menggunakannya secara baik dan tepat guna sehingga benar-benar bisa meningkatkan kualitas pendidikan yang sudah digeluti selama ini.

Para dosen supaya bisa memanfaatkan IT ini dengan baik, maka perlu difasilitasi oleh manajemen dengan memberikan perangkat yang diperlukan, walau pun tidak secara gratis, kata Dasi Astawa dihadapan Rektor IKIP PGRI Bali, DR I Made Suarta, SH, M.Hum dan Ketua Yayasannya I Gusti Bagus Arthanegara SH.

Dengan adanya fasilitas tersebut maka para dosen tidak ada alasan lagi untuk tidak memberikan tugas atau pelajaran kepada mahasiswanya, karena mahasiswa bisa menghubungi dosennya dimana dan kapan saja melalui sarana canggih tersebut.

Dasi Astawa mengatakan, dosen harus mampu memberikan pelayanan kepada mahasiswanya dan tidak ada lagi alasan untuk tidak bisa bisa dihubunginya, asalkan memiliki kemauan dan keberanian untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Dihadapan para desen dan mahasiswa IKIP PGRI Bali, Dasi Astawa juga memapartkan secara panjang lebar keberhasilan Singapura yang wilayahnya jauh lebih sepit dari Indonesia, mampu mencapai kemajuan berkat penguasaan dan pemanfaatan IT dalam meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.

Rektor IKIP PGRI Bali, DR I Made Suarta pada kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Yayasan, tetap berupaya meningkatkan prasarana dan sarana yang ada dengan harapan menghasilkan lulusan calon pendidik di daerah ini yang berkualitas.

Dengan dimulainya penerapan WIFI di Kampus ini dan dapat dimanfaatkan oleh para dosen dan mahasiswanya akan mampu menguasai ilmu dan pengetahuan lebih luas dan tentu menghasilkan sarjana-sarjana yang lebih bermutu, harapnya. (MFD)

Pewarta: Oleh IK Sutika

Editor : Mayolus Fajar Dwiyanto


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015