Denpasar (Antara Bali) - Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya, Kota Denpasar memberikan pelayanan khusus kepada pasien lanjut usia dengan menugaskan dua orang kurir mulai dari pendaftaran di loket kunjungan.

"Kami sudah menerapkan pelayanan khusus kepada pasien lanjut usia (lansia) dengan menugaskan dua orang staf sebagai kurir penjemput saat mereka datang di loket kunjungan," kata Direktur RSUD Wangaya, Denpasar dr Setiawati Hartawan di Denpasar, seusai kegiatan gerak jalan sehat menjelang HUT RSUD Wangaya di Denpasar, Minggu.

Ia mengatakan para lansia yang datang berobat ke RSUD akan merasa nyaman dan tidak perlu lama antre dengan fasien umum, karena pihaknya sudah menerapkan sistem kurir.

"Jadi setiap harinya ada dua orang petugas yang khusus membantu pelayanan kepada pasien lansia, mulai dari pendaftaran hingga mendapatkan pelayanan di pol klinik," ujarnya.

Begitu juga di pol klinik, kata dia, khususnya ruang penyakit dalam diperluas, sehingga untuk pelayanan lansia akan menjadi lebih nyaman.

"Kami berusaha memberikan pelayanan lebih baik kepada lansia, sehingga mereka tidak berdesak-desakan mulai dari pendaftaran hingga mendapatkan pemeriksaan dokter yang dituju pasien," katanya.

Setiawati mengatakan pihaknya sudah mengusulkan kepada Pemerintah Kota Denpasar untuk membangun ruangan khusus pelayanan bagi pasien lansia.

"Kami sudah mempunyai rancangan untuk membangun ruangan khusus bagi pasien lansia. Mudah-mudahan segera terealisasi," ucapnya.

Dikatakan kunjungan masyarakat ke RSUD Wangaya setiap harinya berkisar 400-450 orang. Dari jumlah tersebut 30 persen adalah pasien lansia.

"Dari data kunjungan bahwa lansia setiap bulannya meningkat. Karena itu ke depannya perlu ada ruangan khusus yang melayani lansia," katanya. (WDY)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015