Gianyar (Antara Bali) - Seniman, Made Wianta meluncurkan karya bebas hasil karyanya bertema Burung Elang di Gaya Art Space Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Sabtu (20/12) malam.

Dalam peluncuran karya seni tersebut, Made Wianta menggandeng seniman asal AS, Rika Traxler yang menampilkan tarian yang menggambarkan keceriaan dan kebebasan seekor burung yang mampu menari dan terbang bebas kemana-mana tanpa ada tekanan dari berbagai pihak.

Rika Traxle tampil dengan menggenakan pakaian bikini yang dihiasi dengan bulu burung berwarna merah dan menari berkeliling di panggung kehormatan peluncuran karya seni tersebut.

Dalam peluncuran karya seniman kelahiran Kabupaten Tabanan itu berhasil menyedot perhatian pengunjung yang hadir pada malam itu. Seniman yang hadir tidak hanya dari seniman dan sahabat di Pulau Dewata, tetapi para wisatawan dari berbagai mancanegara yang sengaja datang untuk menyaksikan peluncuran karya seni tersebut.

Made Wianta mejelaskan bahwa karya seni yang mengambil tema Burung Elang itu bermakna kebebasan sekor burung yang mampu bergerak dan terbang bebas kemana saja tanpa ada tekanan atau halangan dari pihak lain.

"Saya sengaja memilih burung elang sebagai ikon peluncuran karya seni ini karena itu merupakan burung yang paling saya sukai dan cintai," ujarnya.

Menurut dia, dalam peluncuran karya seni itu, pihaknya tidak menargetkan sesuatu, hanya menyalurkan kreasi seninya yang dikaitkan dengan kehidupan kekinian yang penuh dengan tekanan atau aturan yang membuat masyarakat tidak mampu bergerak leluasa.

Selain itu, dia sengaja menggandeng seniman luar negeri karena kebetulan sudah berteman lama dengan Rika Traxler sejak empat tahun lalu.

Dalam kesempatan itu dia sempat memuji penampilan Rika Traxler yang mampu membawakan tarian sangat enerjik dan mampu menarik perhatian penonton pada malam itu.

Dalam peluncuran karya seni itu menampilkan sejumlah karya diantaranya, lukisan abstrak, instalasi, dan sejumlah karya lainnya dengan tema burung elang.

Sementara itu, Rika Traxler mengaku sangat bangga bisa berkolabirasi dengan Made Wianta yang memiliki berbagai ide yang luar biasa.

"Ini adalah kesempatan yang sangat baik karena bisa berkolaborasi dengan Made Wianta," ujarnya.

Dia mengaku banyak belajar dengan Made Wianta yang memiliki banyak ide dalam berbagai karya seninya. (WDY)

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014