Denpasar (Antara Bali) - Berbagai kegiatan seni dan budaya memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Geria Olah Kreativitas Seni (GEOKS) Bali, yang berada di Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar.

"Kegiatan itu antara lain pameran fotografi hasil potret kegiatan-kegiatan GEOKS, pementasan kesenian topeng dan peluncuran buku `Menapak Jejak Tiga Seniman Seni Pertunjukan," kata ketua GEOKS Bali, Prof Dr Wayan Dibia di Denpasar, Minggu.

Ia mengatakan, berbagai aktivitas seni itu berlangsung selama empat hari, 20-23 Desember 2014 di pusat Geria Olah Kreativitas Seni.

Kegiatan itu diawali dengan pembukaan pameran fotograph hari Sabtu (20/12) dan pameran sejumlah koleksi topeng.

Para fotografer yang ikut ambil bagian dalam kegiatan itu antara lain Agus W. Saidi, Alit Widusaka, Alit Susanta Wirya, Ian Sumatika, Widiatmika, Danny Septarika, Putu Ratnawan, I Wayan Sukla Adnyana, Kadek Wigunantara dan Ngurah Dhitya.

Acara itu dilanjutkan dengan pertunjukkan tari kontemporer melibatkan tujuh seniman antara lain Komang Adi, Tapak dara, Robi, Iik Suryani (Solo) Gung Dalem (Bali), Ex Motus (Solo, Tilem Pastika (Bali).

Pementasan hari Minggu, (21/12) Pukul 20.00 WITA berupa tari kontemporer dengan tujuh penampil antara lain Adi Gunarta (Bali), Diah Kristin (Bali), Tulus dan Ari Cintia (Bali), Komang Yuli (Solo), Tindak Alit, Tebo (Bali) dan Wisnu (Ponorogo).

Sedangkan kegiatan pada hari Senin, (22/12) pukul 14.30. Wita berupa Rembugan Seni dengan topik Seni Patopengan Dewasa ini

Kegiatan penutupan pada Selasa, (23/12) pukul 19.30 WITA Resepsi Ulang Tahun GEOKS yang diwarnai dengan penyerahan buku Menapak Jejak Tiga Seniman Seni Pertunjukan oleh I Wayan Dibia.

Kegiatan itu diakhiri dengan dengan pementasan Topeng Panca Klasik dengan lakon "Bubar Tawon Wong Tartar." dari Pararaton. Para penari antara I Ketut Kodi, I Gusti Putu Sudartha, I Made Apel Karyasa, I Nyoman Catra, dan I Wayan Dibia.

Gamelan pengiring Sanggar Cudamani Pengosekan, Ubud. Geria Olah Kreativitas Seni (GEOKS) Bali, di Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, adalah sebuah ruang aktivitas seni yang terbuka untuk para seniman kreatif, baik yang berasal dari Bali berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara.

GEOKS Bali yang dirintis Prof Dibia, guru besar ISI Denpasar sepuluh tahun yang silam dengan tujuan mendorong pertumbuhan kreativitas seni di kalangan para seniman muda.

Kreativitas menjadi jantung sekaligus penentu kehidupan seni. Kehidupan seni yang sehat bisa terjadi jika kesenian yang bersangkutan senantiasa membuka diri terhadap masuknya gagasan-gagasan baru melalui kreativitas, ujar Prof Dibia. (WDY)

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014