Surabaya (Antara Bali) - Pengurus Provinsi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali mengakui target masuk 10 besar sudah terpenuhi dengan meraih peringkat keenam dalam ajang Pekan Olahraga Nasional Remaja I di Surabaya, Jawa Timur.

"Untuk target masuk 10 besar sudah terpenuhi dimana saat ini Bali masih berada di peringkat keenam," kata Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Koni Bali, I Nyoman Yamadhiputra, di Surabaya, Jatim, Senin.

Ia menuturkan bahwa Bali yang berada diperingkat keenam dalam ajang tersebut mampu meraih enam medali emas, perak (enam), dan perunggu (delapan).

Perolehan enam medali emas terebut masih jauh dari target sebelumnya, dimana Bali menargetkan perolehan 12 medali emas.

"Kita evaluasi secara menyeluruh terkait peta kekuatan atlet Bali," kata Yamadhiputra.

Pihaknya menegaskan bahwa kegagalan target medali emas Bali itu disebabkan faktor non teknis. "Kalau faktor non teknis sebagai penyebab utama tentu kami memperbaiki setiap teknis kepelatihannya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Koni Bali, Ketut Suwandi mengatakan raihan enam medali emas terebut menempatkan Bali masuk hitungan 10 besar dari 34 Provinsi yang ikut dalam ajang itu.

"Target emas 12 medali emas memang tidak tercapai. Namun, dengan enam medali emas Bali mampu masuk hitungan 10 besar," katanya.

Dalam waktu dekat KONI Bali melakukan evaluasi untuk peningkatkan prestasi dimasing-maasing cabor yang ditargetkan medali emas dalam ajang tersebut. Namun, gagal merealisasi terget tersebut.

"Medali bukan segalanya tetapi tetap menjungjung tinggi nilai-nilai sportivitas," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa Bali yang mendapat kucuran dana minim mampu masuk sepuluh besar dan mendapat apresiasi dari kontingen lainnya karena mampu mengelola dana dengan baik.(MFD)

Pewarta: Oleh I Made Surya

Editor : Mayolus Fajar Dwiyanto


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014