Denpasar (Antara Bali) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) cabang Bali menggelar konferensi provinsi untuk memilih ketua dan pergantian kepengurusan yang baru di Gedung Pers Granada, Komplek Nitipraja Lumintang, Denpasar.

Dalam acara tersebut, Ketua Umum PWI Pusat yang diwakili oleh Sasongko Tedjo selaku Ketua Bidang organisasi, Jumat, mengatakan bahwa ada tiga agenda penting yang dibahas dalam konferensi provinsi itu.

"Ada tiga agenda penting yang dibahas yakni memilih ketua dan pergantian pengurus baru, membacakan dan melaporkan anggaran lima tahun sebelumnya. Kemudian, menyusun dan mengesahkan program lima tahun kedepan," ujar Sasongko Tedjo di Denpasar.

Kegiatan konferensi provinsi itu, lanjut dia, merupakan forum penting untuk kemajuan PWI cabang Bali yang memiliki tugas meningkatkan mutu profesi kewartawanan, meningkatkan kualitas SDM, dan berkontribusi kepada masyarakat diwilayahnya untuk memberikan informasi yang cerdas dan mengedukasi.

Pihaknya meminta acara konferensi itu dapat berjala baik sesuai agenda yang akan dibahas untuk kepengurusan lima tahun kedepan yangf diharapka adanya sekolah jurnaslistik yang sudah dilakukan 15 provinsi besar di Indonesia.

Demikian disampaikan Ketua Cabang PWI Bali, Bagus Ngurah Rai dalam acara tersebut mengatakan bahwa kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM khususnya diprofesi kewartawanan.

"Konferensi provinis ini selain memilih ketua dan pengurus yang baru juga mengarah pada peningkatan kualitas SDM anggota PWI," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan mendorong kesejahteraan wartawan yang menjadi anggota PWI cabang Bali yang menjadi ujung tombak kebebasan pers itu.

"Wartawan wajib menyosialisasikan peran media menjadi sahabat masyarakat yang mengedukasi dan bermitra dengan pemerintah dalam menjaga keutuhan NKRI," ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada wartawan yang bertugas agar tetap waspada terhaadap oknum tertentu yang ingin mendiskriminalisasi jajaran pers saat bertugas. (WDY)

Pewarta: Oleh I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014