Mangupura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, diminta untuk terus meningkatkan kualitas sektor pendidikan sehingga mampu mencetak sumber daya manusia berkualitas dan memajukan daerah tersebut.

"Pentingnya peningkatan kualitas sektor pendidikan secara berkelanjutan karena kualitas pendidikan masyarakat akan mempengaruhi kemajuan daerah bahkan negara," kata Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. dr. Ketut Suastika di sela-sela Seminar Nasional rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-5 Kota Mangupura, Selasa.

Menurut dia, potret Kabupaten Badung dalam sepuluh tahun terakhir telah berkontribusi besar terhadap pembangunan di Bali.

"Demikian faktanya. Namun, keberhasilan itu tidak berhenti sampai disitu dan harus terus ditingkatkan," ujarnya.

Bupati Badung, Anak Agung Gde Agung mengatakan bahwa kemajuan-kemajuan yang dicapai Kabupaten Badung dalam sepuluh tahun terakhir dipengaruhi oleh pembenahan tata kelola pemerintahan dan sinergi antara pusat dan daerah.

"Momentum peringatan HUT ke-5 Kota Mangupura pada tahun 2014 menjadi landasan untuk terus berbenah dan meningkatkan sinergi dengan berbagai pihak," ujarnya.

Menurut dia, tata kelola pemerintahan yang baik didukung dengan sinergi pusat-daerah memiliki daya ungkit yang besar terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Gde Agung yang juga Tokoh Puri Mengwi itu menekankan bahwa walaupun data menunjukkan capaian-capaian Kabupaten Badung dalam sepuluh tahun terakhir telah berada di atas rata-rata Bali dan nasional, pembenahan akan terus dilakukan seiring dengan meningkatnya tantangan pembangunan.

Sementara itu, Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Badung, I Wayan Suambara mengatakan, permasalahan sinergi pusat-daerah saat ini menjadi semakin kompleks seiring dengan perubahan peraturan perundangan-undangan yang menjadi fondasi penyelenggaraan pemerintahan daerah yaitu, pemberlakuan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagai pengganti Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004.

"Seminar tersebut menjadi salah satu aktualisasi upaya Pemkab Badung untuk mempersiapkan diri menyongsong perubahan lingkungan strategis penyelenggaraan pemerintahan daerah," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014