Jenewa (Antara Bali/AFP) - Denmark menggeser Korea Selatan sebagai negara pengguna telepon seluler dan Internet terbesar di dunia, menurut studi yang dirilis pada Senin.

Tempat ketiga diduduki Swedia, disusul Islandia dan Inggris, menegaskan dominasi Eropa di bidang konektivitas, menurut International Telecommunication Union (ITU), pengamat terkemuka untuk teknologi informasi dan komunikasi, atau ICT.

Hong Kong memimpin Asia, di urutan kesembilan dalam peringkat dunia tersebut, dan Amerika Serikat menempati posisi ke-14. Republik Afrika Tengah berada di urutan terakhir, bagian dari daftar panjang negara-negara Afrika yang tergabung dalam daftar tersebut.

Indeks pengembangan ICT ITU, memperhitungkan akses dan penggunaan akun Internet, telepon seluler, dan kemampuan masyarakat dalam menggunakan teknologi.

“Lebih dari tiga miliar orang kini menjadi bagian dari masyarakat online dan pertumbuhan tekonologi informasi dan komunikasi masih tinggi di hampir setiap negara di seluruh dunia,” ungkap laporan tersebut.

Negara-negara berkembang tetap di bawah, namun terus menyusul, dengan penggunaan Internet pada 2014 tumbuh 8,7 persen, dibandingkan di negara-negara kaya yang hanya 3,3 persen.

Namun, sebanyak 4,3 miliar orang masih belum mampu terhubung ke Internet, 90 persen di antara mereka berada di negara-negara berkembang, menurut temuan studi itu. (WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014