Washington (Antara Bali) - Obat yang digunakan untuk mengobati virus HIV dan penyakit AIDS kemungkinan dapat digunakan untuk menangani kehilangan penglihatan, menurut sebuah studi di Amerika Serikat pada Kamis.

Penelitian yang dilakukan terhadap tikus menunjukkan obat antiretroviral (NRTI) yang digunakan secara luas untuk melawan HIV, virus penyebab AIDS, juga efektif melawan degenarasi makula (kerusakan sel-sel tertentu di retina), penyakit mata terkait usia.

Para peneliti University of Kentucky menemukan obat NRTI menetralisir jalur protein yang disebut “inflammasome”, membantu mencegah degenerasi makula.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Science, tim peneliti mengatakan obat tersebut juga mungkin mampu mencegah peradangan hati dan menghentikan komplikasi akibat transplantasi jaringan.

“Pengadaptasian NRTI untuk keperluan lain bisa menguntungkan karena obat ini sangat murah. Selain itu, melalui pengalaman klinis selama puluhan tahun, kami mengetahui bahwa beberapa jenis obat tersebut sangat aman,” ujar ketua peneliti Benjamin Fowler. (AFP-Antara/I018)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014