Denpasar (Antara Bali) - Anggota DPRD Bali Ngakan Made Samudra mendorong pemerintah provinsi membangun jalar lingkar di Pulau Nusa Penida, Kabupaten Klungkung dalam upaya mengembangkan sektor pariwisata.

"Saya mendorong Pemerintah Provinsi Bali membangun jalan lingkar dalam upaya mendukung sektor pariwisata, karena kunjungan wisatawan asing ke pulau yang terpisah dengan daratan Bali semakin tahun terus meningkat," katanya di Denpasar, Senin.

Menurut dia, pembangunan jalan lingkar tersebut karena saat prasarana transportasi belum memadai, terutama di sisi selatan dan timur akan dibangun jalan baru, sehingga membentuk jalan melingkar sepanjang pesisir Pantai Nusa Penida.

Ia mengatakan pihaknya sudah mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi Bali agar jalan melingkar tersebut segera dibangun, karena keberadaan jalan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat setempat dan memberi kenyamanan bagi wisatawan yang berlibur ke Nusa Penida.

"Memang Pemprov Bali tahun 2014 telah mengalokasikan dana bantuan keuangan khusus (BKK) ke Kabupaten Klungkung sebesar Rp1 miliar yang dimanfaatkan untuk penyusunan studi kelayakan (feasibility study/FS) dan studi Amdal," ucap politikus asal Kecamatan Nusa Penida itu.

Ngakan Samudra lebih lanjut mengatakan potensi objek wisata di Pulau Nusa Penida yang masih alami cukup banyak, terutama wisata alam.

"Pemandangan alam di sana cukup bagus. Wisatawan yang ingin berpetualang pasti terkesan dengan keindahan pulau yang merupakan bagian dari Kabupaten Klungkung itu," ujar anggota Komisi I DPRD Bali ini.

Ngakan Samudra menuturkan Nusa Penida memiliki objek wisata alam dan pantainya eksotik. Selain itu juga memiliki objek wisata spiritual, antara lain Goa Giri Putri, Pura Bukit Mundi dan Pura Dalem Ped.

"Jadi suguhan wisata di Nusa Penida cukup beragam. Nuansa pemandangan alamnya penuh kedamaian. Karena itu banyak sekali wisatawan asing berkunjung ke sana. Oleh karena itu perlu pendukung sarana dan prasarana memadai," katanya. (WDY)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014