Gianyar (Antara Bali) - Para veteran di Kabupaten Gianyar, Bali mengingatkan para generasi muda untuk memerangi kekerasan, serangkaian peringatan hari Pahlawan, Senin.

"Hari Pahlawan hendaknya mengingatkan kembali generasi muda mengisi Kemerdekaan sekaligus momentum meningkatkan kesejahteraan bangsa, guna memerangi kemiskinan dan kekerasan," kata salah seorang pengurus Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Gianyar, I Made Suta.

Selain itu momentum hari Pahlawan dapat dijadikan landasan untuk meningkatkan prestasi olahraga, seni budaya yang menuntut semangat kepahlawan.

Di Kabupaten Gianyar masih ada sekitar 94 orang veteran yang masih hidup dari jumlah awal sekitar 600 orang. Rata-rata usia dari veteran tersebut kisaran 80 hingga 100 tahun.

Veteran yang usianya kini sudah 100 tahun dan merupakan veteran tertua di Kabupaten Gianyar adalah I Etang, asal Banjar Biye, Keramas.

Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra ketika menjadi Inspektur upacara Peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Astina membacakan amanat Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan, sejarah perjalanan Bangsa dan Negara Indonesia menunjukkan bahwa untuk mendirikan NKRI diperlukan perjuangan panjang.

NKRI tidak akan bisa berdiri menjadi Negara yang merdeka berdaulat dan terhormat seperti saat ini tanpa perjuangan para pendiri bangsa, pejuang dan pahlawan yang telah mengorbankan jiwa, raga, pikiran dan hartanya. (WDY)

Pewarta: Oleh Putu Arthayasa

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014