Denpasar (Antara Bali) - Siswa SMPN 3 Denpasar menyabet gelar juara pada ajang Festival Film Dokumenter tingkat sekolah menengah pertama yang dilaksanakan Pemerintah Kota Denpasar, Bali.

"Selamat kepada SMPN 3 Denpasar yang telah berhasil menyabet seluruh juara pada ajang lomba film pendek ini, serta sekolah ini dapat menyandang gelar sebagai sekolah kreatif dengan karya film pendek yang secara langsung ikut ambil bagian pada Organitation World Heritage City (OWHC)," kata Wali Kota IB Rai Dharmawijaya Mantra di Denpasar, Rabu.

Ia mengatakan karya pemenang Festival Film Dokumenter siswa SMPN 3 ini nantinya dikirim kepada lembaga OWHC yang terpusat di Kota Paris Prancis, dimana Kota Denpasar sebagai salah satu anggota OWHC dari 267 kota yang termasuk jaringan kota warisan budaya dunia.

Festival film pendek yang merupakan salah satu program Denpasar kreatif berwawasan budaya, nantinya lewat proses kreatif dapat menjadi bekal anak-anak dikemudian hari. Disamping itu kegiatan kreatif ini diharapkan dapat membawa anak-anak memiliki kebanggan dalam berkompetisi, serta dapat mengungkapkan ekspresi siswa secara berkesinambungan melalui kegiatan kompetisi.

Disamping film dokumenter, melalui riset lingkungan sebagai bagian dari kegiatan kreatif yang telah dilakukan SMPN 3 Denpasar yang saat ini ada di tingkat nasional sebagai salah satu sekolah yang dapat menyandang predikat sebagai sekolah kreatif.

Dari perlombaan film pendek ini, Rai Mantra mengharapkan dapat melatih anak-anak dalam proses kreatif serta diharapkan mampu menjadi "social interpreneurship" dikemudian hari, dan siapa tahu nantinya bisa menjadi sutradara.

Film pendek yang mengangkat Layang-layang dengan sutradara Desak Arumdari, Topeng Sidekarya Sutradara Amelia Winda Gusanti, dan Subak Pusaka Kota Denpasar dengan Sutradara AA Istri Sarining Gayatri berhasil menambah prestasi siswa SMPN 3 sebagai terbaik I, II dan III pada ajang Film Pendek tingkat SMP se-Kota Denpasar.

Penghargaan diserahkan Wali Kota Rai Dharmawijaya Mantra kepada masing-masing sutradara didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, IGN Eddy Mulya, Kepala Sekolah SMPN 3 Denpasar Wayan Murdana dan Panitia Lomba Film Dokumenter Tingkat SMP AA Bawantara.

Sementara Kepala Sekolah SMPN 3 Denpasar Wayan Murdana mengatakan keberhasilan siswa SMPN 3 dalam meraih prestasi di bidang film dokumenter lewat berbagai kegiatan kompetisi yang dilaksanakan sekolah.

Dalam waktu dekat ini pihaknya menggelar lomba esei pengelolaan kebersihan di Kota Denpasar bagi seluruh siswa sekolah SMPN 3 Denpasar dengan pemenang 10 besar akan diserahkan kepada Wali Kota Rai Dharmawijaya Mantra untuk dapat memberikan solusi dalam pengelolaan kebersihan di Kota Denpasar. (WDY)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014