Beijing (Antara Bali) - Small and Micro Financial Services Company hari ini mengumumkan peresmian perubahan nama menjadi Ant Financial Services Group (Ant Financial). Dulu dikenal dengan nama Small and Micro Financial Services Company, Ant Financial memulai proses formasinya pada awal 2013 dan terdiri dari Alipay, Alipay Wallet, Yu’e Bao, Zhao Cai Bao, Ant Credit and MYbank, yang notabene kini tengah dibangun. 

"Pembentukan Ant Financial tidak hanya ditujukkan untuk satu area bisnis atau satu tim saja. Dibalik semua produk kami terdapat tiap individu yang membawa perubahan positif bagi lanskap bisnis Tiongkok. Kekuatan ini jauh lebih besar dibandingkan semua produk kami. Kata "semut" merepresentasikan kekuatan dari "bentuk fisik yang kecil" saat semua bergotong royong, bekerja sama untuk satu tujuan, dan satu harapan Ant Financial akan merancang masa depan melalui perubahan-perubahan kecil nan cantik bagi semua orang," ujar Lucy peng, CEO Ant Financial.

Ms. Peng menjelaskan kalau Ant Financial adalah penyedia layanan finansial bukan lembaga keuangan dengan kepemilikan finansial yang besar. "Ant Financial akan berkonsentrasi pada pelayanan kepada perusahaan kecil dan mikro, serta konsumen individual. Dibangun di atas solusi dan teknologi berbasis internet, kami berencana untuk bekerjasama dengan para pelaku industri seperti lembaga-lembaga finansial guna menciptakan ekosistem terbuka serta untuk menyediakan dukungan kepada industri finansial untuk mewujudkan visi kami 'Untuk mengubah kepercayaan menjadi kekayaan'."  

Enam kelompok bisnis
1. Alipay adalah platform pembayaran pihak ketiga terkemuka di dunia. Per akhir 2013, jumlah pengguna terdaftar Alipay mencapai 300 juta dan jumlah mitra lembaga finansial melampui 200. Selain itu, Alipay menangani lebih dari 80 juta transaksi tiap harinya, 45 juta diantaranya melalui rekening pembayaran seluler.  
2. Alipay Wallet telah beroperasi sebagai lembaga finansial independen sejak November 2013. Mulai hari ini, terdapat 190 juta pengguna aktif tahunan. Selain menyediakan berbagai layanan dasar seperti pembayaran perbelanjaan, pelunasan kartu kredit, transfer uang, dan pembayaran tagihan utilitas pada perangkat seluler, Alipay Wallet memperluas layanan luringnya pada pusat perbelanjaan, toserba, taksi, dan rumah sakit.

3. Yu'e Bao diluncurkan bersama oleh Alipay dan Tianhong Asset Management pada Juni 2013.  Mengacu kepada data dari Tianhong, per akhir Juni 2014, Yu'e Bao telah mengelola 570 juta yuan aset terkelola dan memiliki hampir 125 juta pengguna. Zeng Libao, badan dana pasar uang Yu'e Bao, menjadi badan dana pasar uang individu terbesar di Tiongkok mengacu pada Laporan Keuangan Tianhong Asset Management 2013. Per akhir Mei 2014, Ant Financial mendapatkan pengesahan dari Komisi Regulasi Sekuritas Tiongkok untuk mengakuisisi 51% saham di Tianhong Asset Management. 
  
4. Zhao Cai Bao diluncurkan pada April 2014 sebagai platform terbuka untuk produk dan layanan investasi dan finansial. Zhao Cai Bao terbuka untuk lembaga-lembaga keuangan pihak ketiga dan menyediakan layanan keuangan internet yang nyaman dan aman untuk klien individu dan perusahaak berskala kecil dan menengah. Produk-produk yang ditawarkan termasuk dana pinjaman untuk perusahaan kecil dan menengah, klien individu, asuransi universal, dan dana terstruktur.

5. Ant Credit menyediakan pinjaman daring mikro kepada perusahaan kecil dan menengah dan pengusaha daring individual, yang dievaluasikan berbasis data. Produk-produk meliputi pinjaman kredit, pinjaman pedagang daring, dan pinjaman untuk penjual Taobao.

6. Ant Financial mendapatkan pengesahan dari Komisi Regulasi Perbankan Tiongkok pada 29 September 2014 untuk membangun bank swasta bernama Mybank bersama dengan Shanghai Fosun Technology, yang dimiliki oleh Fosun International; perusahaan subsider Wanxiang Group, dan Ningbo Jinrun Asset Management. MYbank akan sepenuhnya menggunakan analitik big data untuk melayani kebutuhan finansial perusahaan kecil dan menengah, serta konsumen individual. 

Seiring dengan sektor jual-beli seluler berlanjut untuk memperkuat posisi mereka di Tiongkok, produk dan layanan yang ditawarkan oleh Ant Financial kian menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari para pengusaha dan konsumen. Diantara para pengguna Alipay baru dai enam bulan ke belakang, 48% berasal dari kota-kota tingkat pertama dan kedua, sementara 52% berasal dari kota tingkat ketiga. 49% dari pengguna dompet Alipay baru berasal dari kota-kota tingkat satu dan dua, dan 51% berasal dari kota-kota tingkat tiga dan empat.  

Beragam operasi bisnis Ant Financial didukung oleh sistem komputasi awan, big data, dan kredit. Ant Financial akan segera membuka platform-platform tersebut kepada para mitra guna menciptakan ekosistem finansial yang baru. Direktur Keuangan Ant Financial, Eric Jing, menambahkan, "Di masa depan, ekosistem finansial akan ditandai dengan kolaborasi, bukan kompetisi. Seperti halnya ekosistem Alibaba di industri e-commerce, ekosistem yang serupa akan berpadu di dalam indsutri finansial. Ekosistem ini akan didukung olh komputasi awan, big data, dan sistem kredit yang memungkinkan layanan pembayaran, pembiayaan, manajemen kekayaan, asuransi, dan perbankan. Kami yakin Ant Financial akan memainkan peran penting dalam memimpin pengembangan ekosistem ini demi manfaat perusahaan kecil dan menengah dan konsume individual."

Tentang Ant Financial Services Group
Secara resmi dibentuk pada Oktober 2014, Ant Financial Services Group (Ant Financial) berfokus untuk melayani perusahaan kecil dan menengah serta konsumen individu. Dengan visi untuk "merubah kepercayaan menjadi kekayaan," perusahaan ini didedikasikan untuk membangun ekosistem pemikiran dan teknologi internet terbuka serta bekerjasama dengan lembaga-lembaga keuangan lainnya guna mendukung kebutuhan layanan finansial di dalam masyarakat. Unit bisnis yang dikelola oleh Ant Financial meliputi Alipay, Alipay Wallet, Yu’e Bao, Zhao Cai Bao, Ant Credit and MYbank (dalam progres).

Kontak
Inkuiri Media:
Robert H. Christie
bob.christie@alibaba-inc.com
+1 917 860 9410

Teresa Li
teresali@hk.alibaba-inc.com
+852 2215 5207

Florence Shih
florenceshih@hk.alibaba-inc.com
+852 2215 5114

Sumber: Ant Financial Services Group 

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum. (Business Wire/ADT)

Pewarta:

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014