Negara (Antara Bali) - Belasan kelian subak (ketua kelompok irigasi), dibantu sepeda motor oleh Pemkab Jembrana, untuk menunjang operasional mereka.

"Sekarang kami berikan 15 unit sepeda motor, sebelumnya kami juga sudah membagikan 35 unit kepada masing-masing kelian subak," kata Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan Dan Peternakan Jembrana, I Ketut Wiratma, usai penyerahan sepeda motor di Gedung Kesenian Bung Karno, Negara, Selasa.

Ia mengatakan, bantuan sepeda motor tersebut akan dilakukan bertahap, sehingga seluruh kelian subak yang berjumlah 145 orang akan mendapatkannya.

"Tahun ini dari APBD Induk Dan Perubahan, dianggarkan untuk 50 unit sepeda motor. Tahun depan, akan kami anggarkan lagi," ujarnya.

Menurutnya, bantuan ini untuk mempermudah kelian subak dalam berkoodinasi dengan pihak-pihak terkait, baik pemerintah maupun anggota subak.

Wakil Bupati Jembrana, I Made Kembang Hartawan yang menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut mengatakan, bantuan sepeda motor ini menjadi bukti, jika pihaknya memberikan perhatian yang besar terhadap sektor pertanian.

"Sebab ada suara miring yang saya dengar, kalau Pemkab Jembrana kurang perhatian terhadap pelaku pertanian. Padahal, sektor pertanian menjadi salah satu program prioritas kami," katanya.

Ia mengatakan, dengan berbagai program pertanian, saat ini Kabupaten Jembrana menjadi daerah yang mampu swasembada beras, bahkan menjualnya hingga ke daerah lain.

Dari sektor perkebunan, ia mengungkapkan, petani coklat mendapatkan pengakuan dunia internasional, dengan sertifikat kualitas coklat terbaik.

Sementara Ketut Sumerta, salah seorang kelian subak yang mendapatkan bantuan tersebut mengatakan, dengan adanya sepeda motor dirinya lebih gampang berkoordinasi dengan warga subak, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Pertanian, dan instansi terkait.(GBI)

Pewarta: Oleh Gembong Ismadi

Editor : Gembong Ismadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014