Mangupura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, menyosialisasikan pendampingan kemitraan pendidik dan tenaga kependidikan dengan komite sekolah di SD Negeri 3 Legian, Selasa.

"Kegiatan pendampingan kemitraan PTK SD dengan komite ini diharapkan dapat bermanfaat bagi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013," kata Kabid Tenaga Pendidikan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Badung I Nyoman Suardana.

Selain itu, menurut dia, komite sekolah dapat berpartisipasi aktif pada sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan sehingga dapat terwujud kolaborasi, partisipasi, dan kontribusi tripartit dalam peningkatan mutu pendidikan melalui implementasi kurikulum 2013 yang sejalan dengan peningkatan profesionlisme guru.

SD Negeri 3 Legian merupakan salah satu SD di Indonesia yang berprestasi. Salah satu prestasi yang diraih SDN 3 Legian adalah Kepala Sekolah berprestasi yang masuk nominasi di tingkat nasional.

Prestasi mengantarkan kepala SD Negeri 3 Legian menjadi 1 dari 10 SD di Indonesia mengikuti studi banding ke Finlandia dan swedia untuk mendapatkan masukan terkait peningkatan mutu pendidikan. "Dari prestasi tersebut, Komite Sekolah SDN 3 Legian memperoleh dana bantuan pendampingan kemitraan PTK SD dari Direktorat P2TK Diknas, Kemendikbud sebesar Rp200 juta, yang salah satunya bertujuan untuk meningkatkan mutu implementasi kurikulum 2013," ujarnya.

Kepala SD Negeri 3 Legian, I Nyoman Kertu menyampaikan PTK SD memiliki peran yang besar dalam peningkatan peningkatan mutu pembelajaran.

"Untuk itu PTK SD perlu didorong untuk meningkatkan kompetensi, profesionalisme dan kariernya secara efektif, efisien dan berkelanjutan demi terwujudnya pendidikan yang bermutu Indonesia," ujarnya.

Ketua Komite SD Negeri 3 Legian mengatakan, Komite Sekolah sebagai bagian integral dari masyarakat dan orang tua murid perlu mendukung secara optimal implementasi kurikulum 2013 sebab optimalisasi ini sangat penting dalam upaya mewujudkan pembangunan generasi emas 2045.

"Komite sekolah sebagai penerima dana pendampingan kemitraan ini akan melaksanakan kegiatan sosialisasi Pendampingan Kemitraan PTK Dengan Komite Sokolah dengan melibatkan seluruh Guru SD Negeri 3 Legian, anggota Komite Sekolah serta orang tua murid sehingga implementasi pendampingan kemitraan PTK SD dengan komite sekolah dapat berlangsung secara taat asas, tepat tujuan, tepat sasaran, obyektif, terbuka, bertanggungjawab, bermakna dan akuntabel," ujarnya.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana kegiatan sosialisasi, I Made Ady Widiadnyana mengatakan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan peran satuan pendidikan dan PTK, LPTK dan disdik dan komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan.

"Sosialisasi ini juga untuk meningkatkan kolaborasi dan kapasitas PTK SD dan Komite sekolah sehingga pelaksanaan kurikulum 2013 dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

Kegiatan sosialisasi tersebut akan dilaksanakan selama 13 kali dari tanggal 13 Oktober--5 November 2014, selain diikuti guru SDN 3 Legian, Komite Sekolah dan orang tua murid juga dihadiri tokoh masyarakat Legian yang peduli dengan dunia pendidikan.  (WDY)

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014