Nusa Dua, Bali (Antara Bali) - Menteri Luar Negeri Republik Vanuatu Meltek Sato Kilman Livtuvanu mengatakan pihaknya berencana membuka kantor Kedutaan Besar Republik Vanuatu di Indonesia, mengingat kedua negara telah menjalin hubungan diplomatik.

"Vanuatu telah menjalin hubungan diplomatik dengan Indonesia, dan saat ini kami bekerja sama dengan pemerintah untuk membuka kantor kedutaan di sini," ujar Meltek Sato Kilman Livtuvanu usai menghadiri Forum Demokrasi Bali ke-7 di Denpasar, Sabtu.

Menurut Meltek, Indonesia adalah patner strategis bagi Vanuatu karena kedua negara berada pada kawasan Asia-Pasifik.

Selain itu, kata dia, Indonesia tengah mengalami pertumbuhan ekonomi yang cukup baik, maka pemerintah Vanuatu merasa negara itu harus terlibat dalam sejumlah kerja sama dengan Indonesia.

Dubes Vanuatu itu mengaku bahwa ia baru pertama kali menghadiri acara Bali Democracy Forum.

"Ini pertama kali saya datang ke BDF dan saya harus katakan saya terkesima dengan ini, karena BDF ini berbicara mengenai masalah utama di wilayah Pasifik dan Asia serta isu global," kata dia.

Meltek berpendapat ada banyak pengalaman yang dibagikan dan banyak hal yang dapat dibangun dalam forum demokrasi tahunan ini.

"Saya pikir ini adalah satu ide baik dan secara jelas vanuatu mendukung forum ini, dan kami akan terus datang karena ingin berkontribusi bagi keadaan sosial ekonomi di Pasifik," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Oleh Yuni Arisandy

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014