Denpasar (Antara Bali) - PT Sumber Alfaria Trijaya sebagai pengelola toko berjaringan Alfamart memberikan pendidikan ritel kepada sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kota Denpasar.

"Program Alfamart Class merupakan program kerja sama antara Alfamart dengan Dinas Pendidikan dan SMK di Kota Denpasar. Bentuk dari program ini adalah penyusunan materi pendidikan ritel untuk jenjang pendidikan SMK yang dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK," kata Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya, Solihin di Denpasar, Senin.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan pendantanganan kerja sama yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Eddy Mulya.

Program Alfamart Class memfasilitasi para lulusan SMK, terutama yang memiliki minat di bidang ritel. "Nantinya mereka dapat bekerja di Alfamart atau jika mereka ingin berbisnis ritel seperti warung, mereka sudah dibekali ilmu yang memadai. Jadi program ini diharapkan dapat membantu penyerapan lulusan SMK di dunia kerja," ujarnya.

Menurut dia, industri ritel membutuhkan sumber daya manusia dalam jumlah besar. "Industri ritel adalah industri padat karya karena pelayanan yang diberikan dilakukan oleh SDM. Namun untuk menemukan SDM yang mengerti fungsi dan perannya di bidang ritel tidaklah mudah. Alfamart Class diharapkan dapat membantu pemenuhan kebutuhan SDM ini," ujarnya.

Alfamart Class juga telah dilaksanakan PT Sumber Alfaria Trijaya bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Kota Bandung, Pemerintah Kota Banjarmasin, Pemerintah Kota Banjarbaru, Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, Pemerintah Kabupaten Madiun, dan Pemerintah Kota Makassar.

Pada program Alfamart Class akan membantu pihak SMK dengan memfasilitasi proses pembelajaran melalui penyediaan sarana praktek siswa, magang siswa, pelatihan pendidikan ritel bagi para pengajar, maupun pendukung proses pembelajaran lainnya.

Nantinya, lulusan Program Alfamart Class dipastikan dapat bekerja pada jaringan toko Alfamart.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Eddy Mulya menyambut positif program Alfamart Class.

"Sumber daya lulusan SMK/SMA di Denpasar cukup besar sehingga diperlukan kerja sama sinergis dengan pihak swasta untuk membuka lowongan pekerjaan," ujarnya.

Menurut dia, selain pariwisata, masih banyak potensi bisnis yang bisa berkembang di Bali, dan potensi lulusan SMK di Denpasar cukup besar untuk mendukung perkembangan bisnis ritel di Pulau Dewata.

Namun menurut dia, untuk siap bekerja, dibutuhkan juga bimbingan dari pelaku bisnis dalam siswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan industri. "Peran serta pelaku bisnis dapat membantu lulusan SMK agar memiliki daya saing tinggi, terampil dan siap bekerja di dunia industri," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014